News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PUTR Gelontorkan Anggaran Rp 1,5 Miliar Untuk Renovasi Atap

PUTR Gelontorkan Anggaran Rp 1,5 Miliar Untuk Renovasi Atap

Kadis PUTR Lombok Barat, HK Lalu Winengan 

LOMBOK BARAT, - Kabar gembira bagi para pecinta budaya Lombok Barat! Becingah Agung, kompleks perkantoran Bupati Lombok Barat, akan mendapatkan sentuhan baru. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar untuk merenovasi atap bangunan bersejarah ini, (18/3).

"Becingah Agung sama sekali belum pernah direnovasi sejak awal dibangun pada tahun 1996," ungkap Lalu Winengan, Kepala Dinas PUTR Lobar, saat ditemui di ruang kerjanya. "Kondisi atap saat ini sudah banyak yang bocor dan kayu keropos. Oleh karena itu, Pemda menganggarkan Rp 1,5 miliar untuk renovasi atap saja."

Winengan menegaskan bahwa renovasi atap ini tidak akan mengubah bentuk asli Becingah Agung. "Renovasi akan dilakukan dengan mempertahankan nilai budaya Sasak, mulai dari estetika, warna, dan fungsi Bencingah," terangnya.

Meskipun renovasi atap menjadi prioritas utama, Winengan tidak menutup kemungkinan untuk merenovasi Becingah Agung secara keseluruhan di masa depan. Anggaran yang dibutuhkan untuk renovasi total mencapai Rp 7 miliar.

"Renovasi keseluruhan akan mencakup perbaikan lantai, yang awalnya teraso akan diganti dengan keramik untuk mempercantik lantai, serta perbaikan tiang dan halaman sekitarnya," jelasnya.

Winengan menekankan bahwa renovasi Becingah Agung akan dilakukan dengan tetap menjaga kearifan lokal dan keaslian bangunan. "Kita ingin Becingah Agung tetap menjadi simbol budaya Lombok Barat dan menjadi kebanggaan masyarakat," tutupnya.

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar