News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

RSUD Tripat Lobar Optimis Terakreditasi B

RSUD Tripat Lobar Optimis Terakreditasi B

RSUD Tripat
Bupati Lobar sekaligus sebagai Ketua Dewan Pengawas, H. Fauzan Khalid, dan beberapa anggota dewan pengawas lainnya seperti, Sekda Lobar, H. Ilham, Kepala BPKAD Lobar, Fauzan Husniadi, serta turut hadir Direktur Rumah sakit yang di dampingi para Kepala Bagian RS, para Dokter Umum dan Dokter Spesialis yang dilaksanakan di Aula RSUD Tripat Lobar, Rabu (01/02/2023). 

LOMBOK BARAT, - Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Darma Husana Paripurna (LARS DHP) melakukan Survei Akreditasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Patut Patuh Patju (Tripat) Lombok Barat (Lobar). Acara pembukaan Survei Akreditasi di hadiri oleh Bupati Lobar sekaligus sebagai Ketua Dewan Pengawas, H. Fauzan Khalid, dan beberapa anggota dewan pengawas lainnya seperti, Sekda Lobar, H. Ilham, Kepala BPKAD Lobar, Fauzan Husniadi, serta turut hadir Direktur Rumah sakit yang di dampingi para Kepala Bagian RS, para Dokter Umum dan Dokter Spesialis yang dilaksanakan di Aula RSUD Tripat Lobar, Rabu (01/02/2023). 

Selain itu Survei Akreditasi ini juga mendatangkan Surveior dari LARS DHP yaitu ketua tim survei, dr. Dwi Rohayani, S. Kep., bersama 2 orang Dewan Pendamping yakni, dr. Johan Pafilaya dan dr. Rudo. 

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan Survei Akreditasi menunjukan komitmen nyata RSUD Tripat Lobar untuk meningkatkan budaya keselamatan dan kualitas asuh pasien, dan Akreditasi diperlukan sebagai cara yang efektif untuk mengevaluasi mutu pada suatu Rumah Sakit (RS).

"Maksud dan tujuan diadakannya survey akreditasi rumah sakit antara lain ialah untuk meningkatkan budaya keselamatan pasien dan budaya mutu di rumah sakit, keamanan serta keselamatan pasien (patient safety). Sehubungan dengan itu saya mengajak seluruh keluarga besar RSUD Patut Patuh Patju untuk senantiasa menjaga mutu pelayanan dan keselamatan para pasien", jelasnya.

Selain itu hal yang lebih penting lagi dilakukannya Akreditasi ini adalah adanya pengakuan dari masyarakat mengenai mutu pelayanan yang baik di Rumah sakit ini dan bisa diandalkan. Oleh karena itu pada kesempatan tersebut ia mengajak seluruh komponen RSUD untuk bersama-sama menjaga dan meningkatkan pelayanan mutu serta memprioritaakan keselamatan pada pasien. 

"Harapan kita, program akreditasi rumah sakit ini dapat berlanjut dan dilaksanakan secara berkesinambungan serta menjadi kebiasan dalam setiap melakukan kegiatan. Kami berharap bahwa apa yang telah dilaksanakan hari ini hendaknya menjadi penyemangat bagi seluruh karyawan rumah sakit untuk melaksanakan, menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan mutu pada masyarakat", titahnya. 

Pada kesempatan yang sama Direktur RSUD, dr. H. Suryadi, Sp. An. dalam laporannya menjelaskan, memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat adalah tanggung jawab dan prioritas RS, karena menurutnya Sebuah Akreditasi merupakan sebuah bentuk apresiasi terhadap suatu RS, supaya kedepannya Sumber Daya Manusia (SDM) nya semakin termotivasi memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat, ia mengakui untuk mencapai sebuah akreditasi B ini dibutuhkan komitmien dan semangat serta kerja keras bersama, karena itu berbagai upaya dilakukan oleh pihak RS, berharap Survei kali ini mendapat Akreditasi "B" atau dengan nilai yang sangat memuaskan, hingga masyarakat semakin percaya terhadap pelayanan yang diberikan oleh RSUD Tripat Lobar. 

"Sejak bulan Desember tahun 2022 lalu banyak persiapan yang kami lakukan antara lain kami telah membuat tim akreditasi, melakukan bimbingan akreditasi dari LARS DHP, yang kemudian pada tanggal 30 Januari telah dilaksanakan Survei Akreditasi secara Daring, dan pada tanggal 1-2 Ferbruari 2023 akan dilakukan survei telusur area RS secara Luring atau langsung,

"Kami sangat Optimis hasil Survei kali ini sangat memuaskan menjadikan RS ini terakredirasi "B" setelah 3 tahun sebelumnya pernah mendapat Alresitasi "C", jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan tujuan dari Akreditasi ini tidak hanya untuk meningkatakan kualitas pelayanan dan membantu program pemerintah dalam bidang kesahatan, akan tetapi juga melindungi pasien dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di RS tersebut. 

Sementara itu Ketua Tim Surveior dari LARS DHP, dr. Dwi Rohyani, S. Kep, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada RSUD Tripat Lobar karena telah memilih dan percaya kepada LARS DHP untuk melakukan Survei Akreditasi, ia Optimis bahwa RS ini akan menjadi RS satu-satunya yang terdepan di Lobar berdasarkan dari pengamatanya berawal saat dilakukan Survei Akreditasi secara daring hingga datang langsung ke RSUD Tripat Lobar.

"Kami akan melakukan Survei Akreditasi secara Luring selama 2 hari, mulai hari ini 1-2 Februari 2023 di RSUD Tripat Lobar", imbuhnya. 

Di akhir sambutannya ia juga menyampaikan kesan dan kekagumannya terhadap RSUD Tripat karena letak geografis RS ini yang sangat asri dikelilingi oleh perbukitan yang hijau.

(gl 02).

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar