News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rakor Disdag NTB: Mendorong Ekonomi Inklusif Sektor Perdagangan

Rakor Disdag NTB: Mendorong Ekonomi Inklusif Sektor Perdagangan

Ekonomi
Kadis Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si


MATARAM, - Dinas Perdagangan Provinsi NTB menggelar Rapat Koordinasi Dinas Perdagangan Provinsi NTB bersama Dinas Perdagangan Kabupaten/Kota se-NTB dengan tema “Mendorong Ekonomi Inklusif Sektor Perdagangan” yang diadakan di Hotel Aston Inn Mataram pada Selasa, 27 Februari 2024.


Kegiatan yang diawali dengan Pembukaan Pengantar oleh Kadis Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si mengatakan bahwa Rakor ini diadakan untuk memberikan pemahaman bersama antara Dinas Perdagangan Provinsi NTB dengan Bidang Perdagangan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan Program Kegiatan Tahun 2024. Sehingga mencapai tujuan bersama terkait tugas pokok perdagangan seperti menjaga stabilitas harga BAPOK, serta peningkatan ekspor non tambang yang menjadi tujuan bersama.


Kepala Dinas Perdagangan NTB juga menyampaikan kepada Pj. Sekda NTB terkait permohonan dukungan anggaran terkait biaya promosi produk-produk unggulan daerah yang saat ini masih sangat minim.


Pada kesempatan yang sama, Pj. Sekretaris Daerah NTB, Ibnu Salim, SH., M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut, menyampaikan Rakor Perdagangan ini mudah-mudahan kedepannya menghasilkan hal-hal yang positif bagi kepentingan daerah.


“Dalam setiap Rakor kita berharap ada satu sinergitas, kolaborasi, satu visi misi mewujudkan capaian sektor perdagangan. Di saat kondisi kemarin ada isu-isu kenaikan harga beras, maka hal ini menjadi tepat bagi kita mendiskusikan hal-hal itu mencari solusi dan jalan keluarnya”, tuturnya.


Pj. Sekda NTB berharap forum yang diadakan dapat dioptimalkan untuk membahas paling tidak ketersediaan bapok tetap stabil, inflasi dapat terjaga, komoditas tetap eksis termasuk pasar penyeimbang, dengan memperbanyak dan memperluas cakupan operasi pasar dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat.Ekonomi


Lebih lanjut, Rakor tersebut membahas mengenai berbagai program dan target kinerja setiap bidang yang ada di Dinas Perdagangan Provinsi NTB, diantaranya, Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri (PPDN) dengan kegiatan operasi pasar murah, informasi harga BAPOK serta pasar lelang.


Kemudian Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri (PPLN) dengan program peningkatan citra produk, pameran dagang internasional/nasional, misi dagang bagi produk ekspor unggulan serta melakukan kolaborasi dengan Bank Indonesia dan LPEI untuk peningkatan ekspor.


Selain itu ada Bidang Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) yang melakukan sosialisasi konsumen cerdas, gempur rokok ilegal, penanganan sengketa konsumen di 4 BPSK se-NTB, pengujian mutu serta pengawasan barang beredar dan jasa. Dengan Bidang Perizinan dan Tertib Niaga yang melakukan pengawasan minuman beralkohol dan barang berbahaya, serta penerbitan teknis perizinan barang berbahaya dan minuman beralkohol.


Terakhir yaitu UPTD Balai Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Daerah (BP3UD) yang sebentar lagi akan melaksanakan Launching NTB Mall di Jawa Timur dan akan melakukan rebranding NTB Mall di BIZAM. Kemudian target pemasangan 1000 Barcode NTB Mall, meningkatkan kunjungan/study tiru ke NTB Mall, kunjungan ke OPD/instansi vertikal sebagai sarana Promosi, serta fasilitator konsultasi perizinan usaha seperti NIB, PIRT, kemasan produk dan sebagainya.


Turut hadir bersama dalam kegiatan tersebut yaitu, Kepala BAPPEDA NTB, Deputi Kepala Perwakilan BI NTB, Ketua Prodi D3 Perpajakan FEB UNRAM, Kepala Dinas maupun Perwakilan Dinas Perdagangan se-Provinsi NTB. (gl 02)

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar