News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SMKN 2 Kuripan Gelar Job Fair 2023 , Mampu Hadirkan Dunia Usaha dan Dunia Industri

SMKN 2 Kuripan Gelar Job Fair 2023 , Mampu Hadirkan Dunia Usaha dan Dunia Industri

SMKN 2 Kuripan
SMKN 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat menggelar Bursa Kerja (Job Fair) 2023. Kegiatan yang berlangsung di Aula Bursa Kerja, Rabu (29/11) ini mengusung tema, Menjelajahi Dunia, Menggapai karir Impian Segera.


LOMBOK BARAT,  - SMKN 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat menggelar Bursa Kerja (Job Fair) 2023. Kegiatan yang berlangsung di Aula Bursa Kerja, Rabu (29/11) ini mengusung tema, Menjelajahi Dunia, Menggapai karir Impian Segera.


Kegiatan ini tampak menarik. Karena meskipun diselenggarakan secara perdana, pihak SMKN 2 Kuripan mampu menghadirkan sebanyak 22  dari 32 Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Diantaranya Alfamart, Indomaret, Lembaga Permodalan Nasional Mandiri (PNM), Fresh Mart dan Jembatan Baru (JB).


Ada Pula perusahaan perhotelan yaitu, Novotel Hotel and Resort. Kemudian PT Krida Dinamik Autonusa, PT Blue Bird, PT Afrilya, Astra Motor, Fresh Mart, Karya Kencana dan masih banyak lagi. Selain DUDI, SMKN 2 Mataram juga mengundang Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lombok Barat.


Dalam sambutannya, Kepala SMKN 2 Kuripan, H Mahyudin menyampaikan apresiasi atas kedatangan DUDI dan Disnaker Lombok Barat. Diakui dia, sebelum dilaksanakan Bursa Kerja, pihaknya sudah menyelenggarakan penandatanganan MoU kerja sama dengan DUDI.


Tidak menutup kemungkinan kedepannya, sekolah ini akan menggelar bursa kerja secara berkala, setiap tahunnya. Di sisi lain, kehadiran DUDI di acara tersebut adalah satu hal yang penting. Tanpa dukungan DUDI, program kerja SMK tidak berjalan baik dan menghasilkan output yang mandiri.


"Jadi yang hadir ini, rata-rata sudah tantangan MoU bersama sekolah kami," ungkapnya.


Kegiatan bursa kerja ini terselenggara sesuai dengan misi SMKN 2 Kuripan, yang ingin membuka peluang Link and Match, sekaligus menepis image bahwa SMK merupakan sekolah yang penyumbang banyak pengangguran, khususnya di NTB.


Ia menyebutkan, pendidikan di SMK mengarah ketiga sasaran. Diantaranya bekerja, melanjutkan ke perguruan tinggi, serta Kewirausahaan. Pihaknya berharap, kehadiran puluhan perusahaan dapat memberikan kepastian peluang kerja, hingga terbitnya MoU untuk perekrutan alumni SMKN 2 Mataram.


"Bursa kerja kami ini sebagai motivasi awal sebagai bahan evaluasi dan ditindaklanjuti di event bursa kerja di masa yang akan datang," terangnya.


Selain itu, pihaknya juga akan membentuk komunitas Alumni SMKN 2 Kuripan agar kedepannya dapat memberikan kontribusi demi kemajuan pendidikan di sekolah kejuruan tersebut. "Nanti kami akan membuat grup khusus alumni. Karena selama ini belum ada," Komitmen Mahyudin.


Perwakilan Pendamping SMK PK SMKN 2 Kuripan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Ambar Pratiwi Ningrum, memuji upaya sekolah melibatkan DUDI dan Disnaker Lombok Barat. Hal ini menurutnya, merupakan pertanda adanya kedekatan antara pihak SMKN 2 Kuripan dengan DUDI, begitu juga dengan kehadiran Disnaker Lombok Barat.


Sehingga kedepannya, dapat menjalin kerja sama berupa wahana Bursa Kerja. Selain itu, Disnaker juga dapat menjadikan SMKN 2 Kuripan sebagai lokasi untuk Balai Latihan Kerja (BLK).


"Sekolah ini fasilitas dan sumber daya guru sudah lengkap. Jumlah siswanya pun sangat banyak. Para siswa dan alumni juga dapat digerakkan untuk membantu mengurai pengangguran, tidak hanya harus kerja di perusahaan. Pihak perusahaan paling tidak, bisa memberikan bekal  softcare," ujarnya.


Momentum Bursa Kerja, kian memperluas peluang kerja bagi para alumni SMKN 2 Kuripan. Paling tidak, 30 persen jumlah alumni di sekolah ini, terserap di DUDI. Dengan kalkulasi, minimal masing masing perusahaan dapat merekrut 5 sampai 10 orang.


"Total lulusan di sini saja 1200 orang. Saya yakin dibagi tiga kelas kan berarti 400. Paling tidak DUDI menyerap 10 orang saja, berarti 30 persen. Jadi saya pesankan, saat ini kesempatan untuk membuat kontrak langsung dengan DUDI," imbuhnya.


"Jadi nggak perlu lagi buka lowongan kerja. Dan DUDI tahu bahwa SMK ini kualitasnya baik. Jadi dengan bursa kerja ini, harapannya DUDI akan mendapatkan calon tenaga kerja yang Qualified dan SMK juga ada kepastian. Kemudian Dikbud NTB akan mengcover," sambungnya.


Senada disampaikan Pengawas SMK, Ngatnuri. Dalam kesempatan tersebut, ia mengingatkan agar kedepannya, pihak perusahaan dapat melakukan pengisian data tracer study. Sehingga dapat dideteksi, berapa jumlah alumni SMK 2 Kuripan yang sudah terserap DUDI.


Ia juga mendorong SMKN 2 Kuripan untuk memperbanyak pola partnership. Salah satunya kerja sama dalam bentuk penempatan magang siswa. Sebab, hal ini menjadi bagian penilaian kinerja kepala sekolah.


"Karena target progres tiap tahunnya, harus ada penambahan. Ini yang menjadi PR kepala sekolah," pesannya.(*)

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar