News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelaku UMKM Lombok Barat Siap Pasarkan Produk Lokal Lewat Alfamart

Pelaku UMKM Lombok Barat Siap Pasarkan Produk Lokal Lewat Alfamart

Alfamart
Produk UMKM Binaan Disperindag kabupaten Lombok barat yang siap di pasarkan melalui Alfamart 

LOMBOK BARAT - Alfamart ingin lebih memberikan kontribusinya pada masyarakat, bukan hanya untuk menyediakan kebutuhan masyarakat sehari-hari, tapi juga memajukan industri kecil menengah (IKM). 

Salah satu yang dilakukannya yakni mengadakan kegiatan pelatihan bagi pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Branch Manager Alfamart Lombok,  Muhson, mengatakan acara yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Lombok Barat itu bertujuan memberikan pengetahuan bagaimana membuat produk yang memenuhi standar edar, unik dan menarik minat pembeli.

“Potensi produk lokal belum tergali dengan maksimal dan masih dianggap sebelah mata. Apabila ada sektor privat yang ikut mendukung, tentu para pengusaha kecil menengah akan sangat terbantu. Hal inilah yang menjadi inisiatif Alfamart untuk ikut berperan aktif,” kata Muhson di sela acara, Selasa (14/11).

Pihaknya yakin, potensi produk-produk binaan yang ada akan lebih diterima masyarakat umum, sehingga dari sisi ekonomis bisa lebih menghasilkan atau memberi nilai plus. 

Alfamart sangat terbuka bagi produk-produk lokal untuk bisa dipasarkan lewat toko-toko Alfamart. Tentunya ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi seperti izin PIRT, sertifikat halal, dan sebagainya.

“Ini yang kita coba bagikan kepada peserta pelatihan. Agar mereka mengetahui apa saja ketentuannya,” ujarnya. 

Dengan tips-tips produksi yang diberikan oleh Alfamart, harapannya bisa memberikan pengetahuan bagi peserta. Materi yang diberikan sengaja di desain khusus bagi pengusaha kecil. 

Bagaimana mereka bisa memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah dan perusahaan, sekaligus memanfaatkan jalur pemasaran agar usaha mereka semakin berkembang.  

Asisten III Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Lombok Barat, Mohammad Hendrayadi,  mengapresiasi kegiatan tersebut karena bisa mendukung pengusaha lokal untuk bisa makin maju. 

“Kami menyambut baik inisiatif Alfamart untuk turut mengembangkan potensi pengusaha daerah, khususnya di wilayah Lombok Barat,” ujarnya.

Alfamart dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sepakat jika hasil dari kegiatan ini nantinya bisa menciptakan sinergi dan integrasi kepada pengusaha-pengusaha kecil untuk bisa berkembang proses produksi dan jalur pemasaran.

Seluruh peserta pelatihan yang merupakan  binaan dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) tersebut terlihat antusias menerima paparan yang diberikan.

“Karena ini merupakan langkah awal bagi pelaku usaha kecil untuk bisa memasarkan produk buatannya di beberapa toko Alfamart khususnya di wilayah Lombok Barat dan sekitarnya,” sambung dia.

Pihaknya juga berharap produk UMKM Lombok Barat bisa masuk, dan tentunya untuk bisa masuk pelaku UMKM harus memperhatikan syarat-syarat yang  dipatok oleh Alfamart.

"Harapannya pelaku UMKM bisa bergabung dengan komunitas dan tidak bergerak sendiri," tutupnya. (gl 02)

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar