News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peredaran Rokok Ilegal Berjalan Mulus, Diduga Ada Permainan Besar

Peredaran Rokok Ilegal Berjalan Mulus, Diduga Ada Permainan Besar

Rokok ilegal
Rokok Ilegal Yang ada di wilayah Lombok Barat 

MATARAM ,  -   Peredaran Rokok Ilegal Berjalan Mulus, Diduga Ada Permainan Besar . Hal itu dikatakan Roby nama sapaannya saat dimintai keterangan oleh media ini di salah satu angkringan di Lombok Barat. Minggu, 29/10/ 23.

Selama Ini, Direktorat jenderal bea dan cukai kantor wilayah DJBC BALI, NTB, DAN NTT , KPPBC tipe madya pabean Ngurah Rai Belum ada tindakan tentang Beredarnya Sejumlah rokok ilegal kian marak beredar di wilayah pulau sumbawa , Dompu, dan Bima, bahkan di Lombok sekarang ini masih banyak beredar terutama di Lombok Barat. Kemana Bea Cukai, Sampai hari ini Masih banyak  beredar rokok- rokok Ilegal di wilayah tersebut.

Roby melihat secara langsung tentang beredarnya rokok - rokok Ilegal bukan di Sumbawa , Bima dan Dompu saja tapi di wilayah Lombok juga banyak beredar rokok Ilegal yang menggunakan bea cukai yang seharusnya digunakan di sigaret kretek dan tidak memiliki pita cukai.


"Dimana tugas dan Fungsi Bea Cukai Bali nusra dan tindakan apa saja yang akan dilakukan terhadap maraknya Rokok ilegal yang ditemukan  Di beberapa kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Barat." Katanya.


Selain itu ia dan rekannya  mau melaporkan kasus ini ke Komisi pemberantasan korupsi ( KPK). Sebelumnya juga diakui pria pecinta rokok ini, laporan ini akan segera kita  layangkan ke Kementerian keuangan (Kemenkeu) RI dalam waktu dekat ini. 


"Sebelumnya pernah , memang Kemenkeu langsung melakukan operasi tapi yang disayangkan hanya pemain kecil aja yang disikat . padahal ada yang lebih besar pemainnya, maknanya kita akan  lapor ke KPK saja, " ujar Pria yang saat ini menjadi pengusaha rokok legal.


Karena diakui  Roby, peredaran rokok ilegal ini juga adalah bagian dari aksi korupsi besar-besaran yang bernilai milyaran hingga triliunan rupiah yang merugikan negara.


selain itu, kami menemukan sejumlah merek rokok yang marak beredar di wilayah Lombok terutama Lombok Barat 

Salah satunya rokok HD, Aslah, cappucino, dan sejumlah rokok yang banyak diminati masyarakat.


"Rokok -rokok ini banyak beredar dan dijual mulai dari kios kecil hingga toko-toko besar di kota dan kabupaten Lombok Barat. 


Ada juga yang saya temukan  yang benar" bodong seperti tidak menggunakan pita cukai.


selain statusnya bodong atau ilegal , sejumlah rokok ini  seperti merek HD, Dan capuccino katanya manipulasi cukai yaitu dengan memakai pita cukai tidak sesuai peruntukannya. rokok yang semestinya dikenakan cukai sigaret kretek mesin( SKM) 20 batang , namun di pita cukainya menggunakan sigaret kretek Tangan (SKT) 12 batang.


"Kalau cukai SKM Rp455 perbatang, sementara SKM cukainya Rp 110 per batang, sehingga selisihnya mencapai Rp 345. kalau dihitung per bungkusnya , kerugian negara mencapai Rp 7.780, ". ungkapnya.


Tak heran katanya ,omsetnya pun tidak main-main, dimana persatu merek rokok saja dalam hitungan Minggu saja untuk mendapatkan keuntungan sebesar 17 miliaran rupiah.


"jumlah ini kita tidak sembarangan , tapi setelah mulai hitung-hitungan kita dan fakta di lapangan yang telah kami Dapatkan." ujarnya.  


laporan ini juga lanjutnya, tidak semata-mata hanya melihat merek rokok ilegal di sekitarnya saja, melainkan hasil penelusuran ia dan beberapa rekannya mulai dari wilayah Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Utara dan lombok barat .


" Dan penjual ini rata rata tahu bahwa itu rokok ilegal karna mereka mendapatkan keuntungan lebih besar dibandingkan dengan rokok yang legal lainnya". tuturnya Roby


Mengapa peredaran rokok ilegal ini berjalan mulus tanpa terendus Pemerintah seperti halnya bea cukai dan lainnya?, Bagi saya pribadi " Adanya pemain-pemain besar di Rokok ini. tidak main-main di backup oleh banyak orang," bebernya Roby dengan detail di hadapan media .


Selain itu, Rokok ilegal ini datang atau diproduksi dari sekitaran pulau Jawa dan kemudian dipasarkan nyaris ke seluruh Indonesia salah satunya di Bima dan Dompu, dan lombok.


Seperti Halnya di Bima , Dompu dan lombok  ini tergolong paling banyak peredaran rokok ilegal ini, hampir rata -rata  di semua kecamatan, biasanya di Daerah pinggiran , tapi  Pemerintah  menutup mata. dan terkesan memberikan rokok Ilegal beredar dengan leluasa. Kemana Pemerintahan Bea Cukai kenapa belum ada tindakan . (gl 02).

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar