News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Lobar Sosialisasikan Penguatan Pemilu Untuk Para Disabilitas

Bawaslu Lobar Sosialisasikan Penguatan Pemilu Untuk Para Disabilitas

Bawaslu
Bawaslu Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menggelar sosialisasi Penguatan pemahaman kepemiluan bersama persatuan pemilihan umum akses disabilitas (PPUAD) Kamis (02/01/2023).

LOMBOK BARAT, - Dalam rangka persiapan pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menggelar sosialisasi Penguatan pemahaman kepemiluan bersama persatuan pemilihan umum akses disabilitas (PPUAD) Kamis (02/01/2023).

Dalam kegiatan ini, Bawaslu menghadirkan sekitar 30 penyandang disabilitas sebagai peserta, dengan melibatkan pemilik yayasan Nusa Tenggara Centre sekaligus Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.

Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Lombok Barat, NTB, Basriadi yang mewakili Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lombok Barat, Menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempertahankan hak-hak para penyandang difabel untuk memberikan suara dalam pemilu.

"Selama ini penyandang disabilitas kurang diperhatikan. Jadi diinstruksikan kepada Bawaslu di kabupaten kota untuk melindungi hak-hak disabilitas melalui pemberian pemahaman yang utuh terkait pemilu," ungkapnya.

Ke depan, Bawaslu akan memastikan agar KPU dapat menyediakan sarana dan fasilitas pendukung untuk para difabel. Salah satu contoh, kertas suara berbentuk boiler untuk penyandang tuna netra.

"Kami akan pastika disetiap TPS disediakan kertas boiler," imbuhnya.

Selain itu, bagi pemilih yang memiliki kekurangan fisik lainnya, KPU harus memastikan petugas TPS dapat memberikan kemudahan akses serta upaya pendampingan saat memberikan hak suara.

"Saya mengimbau agar seluruh pihak tidak merendahkan apalagi meremehkan penyandang disabilitas. Mereka orang-orang yang memiliki hak pilih," tandasnya.(gl 02)

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar