News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jangan Kendor, BNN Provinsi NTB Terus Gelorakan Semangat “War On Drugs”

Jangan Kendor, BNN Provinsi NTB Terus Gelorakan Semangat “War On Drugs”

BNN
Kepala BNNP NTB Brigjen (Pol) Gagas Nugraha, SH, SIK, MM, MH saat menggelar jumpa pers, Jum’at (30/12/22).


MATARAM, - Badan Narkotika Nasional (BNN) Propinsi NTB tetap komitmen untuk menggelorakan semangat perang melawan narkoba. Kepala BNNP NTB Brigjen (Pol) Gagas Nugraha, SH, SIK, MM, MH dengan tegas mengatakan  bahwa BNN Provinsi NTB tidak akan pernah kendor dan akan terus melakukan akselerasi dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) tanpa kenal lelah dan  pantang menyerah. Hal tersebut disampaikan Kepala BNN Provinsi NTB dihadapan awak media saat menggelar jumpa pers, Jum’at (30/12/22).

 

Menurut Kepala BNNP NTB itu, dalam upaya war on drugs, BNNP NTB konsisten mengusung empat strategi antara lain: soft power approach, hard power approach, smart power approach dan cooperation. “Pada strategi soft power approach yang meliputi bidang pencegahan, pemberdayaan masyarakat, dan rehabilitasi, BNNP NTB telah melakukan banyak pencapaian dan dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat NTB,” paparnya. 

 

Kepada awak media Gagas Nugraha menyebutkan hasil upaya Pencegahan, Pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi BNNP NTB antara lain : Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, BNNP NTB dengan capaian di Tahun 2022 sebagai berikut : Dalam rangka meningkatkan daya tangkal keluarga terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dengan indeks capaian berada pada kategori tinggi, BNNP NTB melakukan pendampingan Program Ketahanan Keluarga anti narkoba 5 keluarga, dan kegiatan fasilitasi dan pembinaan advokasi program ketahanan keluarga berbasis dana desa terhadap 2 desa. 

 

Adapun kegiatan dengan sasaran meningkatkan daya tangkal anak dan remaja terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dengan indeks capaian berada pada kategori tinggi BNNP NTB melakukan kegiatan pelatihan soft skill di SMP dan SMU sederajat terhadap 1 lembaga 30 peserta, kegiatan informasi dan edukasi melalui pemanfaatan media luar ruang sebanyak 9 paket sedangkan Informasi dan edukasi ealui kampanye dan edukasi melalui kampanye atau pagelaran seni sebanyak 1 kali,” paparnya

 

Ditambahkan juga bahwa Capaian kinerja Program meningkatnya daya tangkal masyarakat terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika mencapai dengan target tinggi. Indeks ketahanan keluarga anti narkoba Provinsi NTB dalam kategori TINGGI (83,768) dengan target 78,68 dan  Hasil angka penghitungan DEKTARI Tahun 2022 adalah 52,30 dengan target 52,00. Dimana grrafik penghitungan indeks ketahanan diri remaja Provinsi NTB berada pada angka 50.99 dengan target 52.00 / mean 52.30;

 

Kepala BNNP NTB yang saat memberikan keterangan pers didampingi Kabid Pemberantasan I Made Sinar Sibawa, S.Ik, perwakilan Bid. P2M Irfan. S.Sos dan perwakilan rehabilitasi, menyebutkan capaian program lainnya seperti  di bidang Bidang Rehabilitasi. “ Selama Tahun 2022 telah menangani 91 klien rehabilitasi dengan hasil klien Terminasi sebanyak 42 orang (46,1%), DO 21 orang (23,1%), rujuk sebanyak 9 orang (9,9%) dan dalam proses 19 orang (20,9%). Selanjutnya BNNP NTB melakukan terobosan dengan melakukan rehabilitasi social bagi WBP Lapas Kuripan, Rehabilitasi Anak di Sentra Paramita, Layanan LPG+ serta koordinasi kelembagaan Penguatan IBM dengan Dinas Sosial Kabupaten dan Pemerintah Desa,” bebernya.


Sementara capaian di bidang  rehabilitasi dalam kurun waktu tahun 2022 pada strategi hard power approach, BNNP NTB melakukan upaya pemberantasan jaringan sindikat narkotika. sepanjang Tahun 2022, BNNP NTB telah melakukan laporan informasi intelejen dan peta jaringan Narkotika dengan target penyidikan berkas perkara sebanyak 10 berkas mampu dicapai 10 kasus dengan 26 berkas (260%) dengan hasil 21 berkas sidik dan 5 berkas P21. BNN Provinsi NTB berhasil mengungkap 26 berkas perkara tersebut disampaikan pula jumlah BB hasil ungkap Bidang Pemberantasan yaitu Shabu seberat 1,6 KG (1.610,64 Gr), ganja 487,56 Gr uang tunai sebesar 259.700.000,-. adapun layanan asesmen terpadu yang dicapai sebanyak 76 orang (116%) dari 65 target di tahun 2022.

 

Untuk mendukung upaya perang melawan narkotika, BNNP NTB juga melakukannya dengan pendekatan smart power approach dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan riset. dalam aspek pemanfaatan teknologi informasi, BNNP NTB memaksimalkan media Sosial yang dimiliki dalam rangka Informasi dan Edukasi serta membuka layanan 24 jam melalui Contac Center 085238944442 dengan hasil lebih dari 100 layanan pengaduan masyarkat yang ditangani di Tahun2022.

 

Selanjutnya, strategi BNNP NTB lainnya yang tak kalah penting adalah cooperation. BNN Provinsi NTB menjalin kerja sama melalui strategi cooperation, dengan instansi pemerintah dan komponen masyarakat pada tahun 2022 diantaranya 1 Peraturan Daerah, 1 Peraturan Gubernur, 5 keputusan gubernur, 4 keputusan bupati, 12 PKS, 2 MoU/ Nota Kesepahaman dan 12 SOP.

 

Keberhasilan dan prestasi dalam penanggulangan masalah narkotika diraih dengan sinergitas yang kuat antara BNNP NTB dan seluruh stakeholders. “BNNP NTB memberikan apresiasi atas partisipasi dan peran aktif seluruh stakeholders yang selama ini menjadi mitra dalam upaya penanggulangan narkotika, baik dalam aspek pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi, maupun pemberantasan,” ujar Kepala BNNP NTB. (gl 02) 

 

 

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar