Tingkatkan Kemampuan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat, BNNP NTB Adakan Pembekalan

MATARAM– Badan Narkotika Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Bidang Rehabilitasi merangkul sejumlah pihak yang terdiri jajaran BNNK serta LSM di NTB melalui kegiatan  “Pembekalan Tim Rehabilitasi Berbasis Masyarakat” yang dilangsungkan di Jayakarta Hotel dari Rabu hingga Kamis esok. Dalam kegiatan tersebut, PLT Kabid Rehabilitasi BNNP NTB memimpin dan sekaligus membuka rangkaian kegiatan pada siang tadi di depan puluhan tamu pembekalan yang hadir.

Pada sesi pembuka, ia menyampaikan sejumlah gambaran dan materi pengantar yang mencakup peningkatan kualitas, wawasan serta keterampilan Kader Pemulihan Berbasis Masyarakat (PBM) dalam menjalankan kegiatan rehabilitasi maupun pasca rehabilitasi bagi klien, yang mana dalam hal ini para penyalahguna narkotika. Lebih lanjut terkait penyampaiannya, ia menjelaskan perihal tugas Kader PBM yang mencakup aspek penjangkauan, intervensi ringan kepada para klien serta pemantauan berkelanjutan bagi klien yang telah berstatus pasca rehabilitasi.

Masih dalam sambutan kegiatan yang disampaikan olehnya, ia kembali mengingatkan seputar prinsip-prinsip yang hendaknya dipedomani oleh setiap Kader PBM di tiap-tiap daerah. Adapun prinsip-prinsip tersebut meliputi rasa sukarela, bersifat terbuka, partisipatif, bersikap transparan serta menjalankannya tanpa ada stigma dari pihak manapun. Hal ini kemudian disambung olehnya ketika menjabarkan kepada para peserta pembekalan bahwasanya sasaran kerja PBM tidak hanya bagi para penyalahguna narkoba, melainkan juga aspek keluarga dari klien serta masyarakat yang ada di sekitarnya.

Selain melalui pemaparan yang disampaikan oleh PLT Kabid Rehabilitasi BNNP NTB, pihaknya juga menghadirkan jajaran Bidang Rehabilitasi lainnya dalam memandu peserta pembekalan melalui materi silabus serta kegiatan diskusi interaktif dengan salah satu topik pembahasan mendetail terkait upaya persiapan PBM bagi Kader di tiap-tiap daerah di Provinsi NTB.

Sementara itu kaitannya dengan keseluruhan pembekalan, pembekalan sendiri dibagi ke dalam 2 sesi kegiatan dengan jeda waktu yang terdapat diantaranya guna mematuhi protokol kesehatan Covid-19, berkaitan dengan penggunaan ruang tertutup dan atensi puluhan peserta yang mengisinya. Sebagai informasi tambahan, kegiatan yang bertemakan “Pembekalan Tim Rehabilitasi Berbasis Masyarakat” yang diadakan oleh BNNP NTB melalui Bidang Rehabilitasinya, akan dilangsungkan hingga Kamis siang dengan mengangkat tema yang sama.(gl 02)




Belum ada Komentar untuk "Tingkatkan Kemampuan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat, BNNP NTB Adakan Pembekalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel