Silaturahim Kamtibmas Desa Jorok, Waka Polres Sumbawa Polda NTB "Tokal Beliuk" Dengan Warga

Pemerintah Desa (Pemdes) Jorok Kecamatan Unter Iwes menggelar Silaturahim Kamtibmas antar dusun dalam lingkup Desa Jorok,

SUMBAWA - banyak cara untuk menjaga keamanan lingkungan, salah satunya seperti yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Jorok Kecamatan Unter Iwes menggelar Silaturahim Kamtibmas antar dusun dalam lingkup Desa Jorok, pada rabu malam (21/10/2020).

kegiatan ini turut dihadiri Waka Polres Sumbawa Kompol Fauzan Wadi SH, Kades Jorok Rusman Akang, Kadus, pengurus RT & RW, para staf pemdes, dan warga lingkungan setempat.

Kades Jorok menegaskan, bahwa ini program patroli atau lebih sederhananya silaturahim Kamtibmas, kebetulan malam ini jadwalnya patroli rutin Kamtibmas di Dusun Ganinggara dalam bentuk "Tokal Batompok". 

"patroli silaturahim Kamtibmas ini dilaksanakan setiap sebulan sekali secara bergiliran dari dusun satu ke dusun yang lain dalam desa jorok", ucap Roman sapaan akrab kades jorok.

selain itu, di desa Jorok ada program Desa Sanyaman Tode, yakni memberikan kenyamanan kepada anak-anak, seperti anak yang putus sekolah, mempertebal adab dan etika. 

program Tokal Batompok yakni duduk bersama memusyawarahkan hal-hal dalam membangun desa.

Desa Jorok juga termasuk desa siaga (siap antar jaga). saat ini, desa jorok akan menjadi desa STBM (sanitasi total berbasis masyarakat). terkait tiga pilar Kamtibmas, pihaknya  semakin intens dalam berkomunikasi dan kordinasi. "kehadiran Waka Polres menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga kami di desa ini", tukas Roman.

Waka Polres Sumbawa Kompol Fauzan Wadi SH mengaku bahwa dirinya mengapresiasi kegiatan seperti ini karena sangat bermanfaat. Polri sebagai pelindung pengayom pelayan masyarakat, disamping selaku penegakkan hukum, Polri/TNI bersama masyarakat siap dalam menjaga kamtibmas. menurut Waka Polres kegiatan seperti ini semakin merekatkan hubungan dan  kebersamaan segingga warga merasa tenang dan nyaman.

"kami sangat apresiasi dan bangga dengan budaya dan kebiasaan Kades bersama warganya. program ini akan menjadi acuan bagi desa-desa lain untuk mengikuti desa Jorok. kalau semua desa bisa seperti ini maka lingkungan akan aman", ucap Kompol Fauzan.

Waka polres juga menyampaikan pesan Kapolres Sumbawa, diantaranya tetap menjaga keamanan menjelang pilkada. terlebih banyaknya beredar informasi hoax di medsos agar yang membuat resah. 

"jangan sampai beda pilihan membuat persaudaraan menjadi renggang. tetap saling mengingatkan, dan bijak bermedia sosial", ujar Waka Polres mengingatkan.

saat ini masih pandemi covid-19, diharapkan kepada seluruh warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan 4 M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, tutup Kompol Fauzan.

dalam kegiatan tersebut, Waka Polres Sumbawa membagikan masker kepada warga yang hadir.(an/gl 02).

Belum ada Komentar untuk "Silaturahim Kamtibmas Desa Jorok, Waka Polres Sumbawa Polda NTB "Tokal Beliuk" Dengan Warga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel