Menyedihkan Kasus Tindak Pidana Narkoba di tahun 2019 Meningkat, ini Pesan Kapolda NTB


Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS., M.M.,  Yang di Dampingi Wakapolda dan Kabid Humas Polda NTB Saat Jumpa pers Akhir tahun 2019

MATARAM, Globallombok.co.id - Dalam Acara jumpa pers Akhir tahun 2019 ,Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS., M.M.,  mengatakan selama Bertugas sebagai Kapolda NTB,ia mengatakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama tahun 2019, situasi kamtibmas di NTB tergolong kondusif.,” ucap Kapolda saat jumpa pers akhir tahun 2019 di  Rupatama Polda NTB ,Jum'at /27/12/19.

Sesuai data dan catatan Kepolisian dari seluruh direktorat lingkup Polda NTB dan polres jajaran, Polda NTB merilis gangguan kamtibmas sepanjang tahun 2019 menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

“Penurunan gangguan kamtibmas ini karena adanya pengoptimalan kegiatan Kepolisian, baik preemtif, preventif, dan represif,” ujarnya.

“Kami perintahkan kepada semua personel, baik dalam pakaian seragam dinas ataupun yang berpakaian preman atau bebas, untuk tetap mengoptimalkan kegiatan tugas Kepolisian,” katanya.

Dijelaskan, selama  tahun 2019 tercatat sebanyak 7.985 kasus yang ditangani Polda NTB dan polres jajaran. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan tahun 2018 dengan crime total  sebanyak 9.101 kasus.

“Jadi penurunannya 1.116 kasus dengan persentase penurunan kurang dari 12 persen,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, dari keseluruhan kategori penegakan hukum di tahun 2019, kategori kejahatan konvensional tercatat paling mendominasi yakni dengan 7.657 kasus. Namun demikian, kata Kapolda, jumlah tersebut masih lebih rendah dari tahun 2018 dengan jumlah 8.776 kasus.

“Ada penurunan 1.119 kasus kejahatan konvensional yang meliputi kejahatan 3C,” sebutnya.

Terjadinya penurunan kasus tindak kejahatan itu, menurut Kapolda NTB, dapat ditekan dengan dilakukannya peningkatan kegiatan operasional Kepolisian di lapangan.

“Kita lakukan patroli skala besar di titik-titik dan jam rawan kejahatan, termasuk peran Bhabinkamtibmas dan kepala desa,” ucapnya.

Selain itu, Irjen Pol Nana Sudjana menyampaikan, yang sangat menyedihkan  yakni kasus tindak pidana narkoba. Dimana terjadi kenaikan 25 kasus dari tahun 2018 sebanyak 742 kasus dan 768 kasus di tahun 2019.

“Ini menjadi perhatian kita semua untuk menekannya. Adapun kenaikan jumlah kasus narkoba ini bukan karena lambatnya Kepolisian, namun sebaliknya, dipengaruhi semakin meningkatnya kegiatan Kepolisian dalam mengungkap kasus tersebut,” terang Kapolda.

“Jadi perlu dicatat, peningkatan dan penurunan di sini jangan serta merta dikonotasikan dengan ketidakmampuan aparat Kepolisian, namun sebaliknya, hal itu karena semakin meningkatnya kegiatan dan pengungkapan oleh Kepolisian,” tandasnya. (Red/gl 02)



Belum ada Komentar untuk "Menyedihkan Kasus Tindak Pidana Narkoba di tahun 2019 Meningkat, ini Pesan Kapolda NTB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel