News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Oknum Warga “Pemain Lahan” Menghasut Masyarakat Pengawisan Merangsek Masuk Lahan PT Rezka Nayatama.

Oknum Warga “Pemain Lahan” Menghasut Masyarakat Pengawisan Merangsek Masuk Lahan PT Rezka Nayatama.

Oknum
Foto : Pemasangan plang yang dilakukan oleh PT Rezka Nayatama di lahan milik di Dusun Pengawisan.

LOMBOK BARAT - Pada sabtu 13 Januari 2024 Petugas pemasang patok dan plang  dihadang puluhan oknum warga yang merangsek masuk ke lahan milik perusahaan atas hasutan yang dilakukan oleh oknum yang diduga sebagai dalang “Pemain Lahan” di wilayah Desa Sekotong Barat. 

Penghadangan tersebut diduga dilakukan oleh puluhan oknum warga yang terhasut oleh para “Pemain Lahan” guna menggagalkan proses pemasangan patok dan plang yang ditujukan oleh perusahaan untuk memisahkan wilayah dan memberikan batas real antara pemukiman warga yang terletak di dalam lahan perusahaan untuk dapat dilepaskan dari sertifikat HGB yang dipegang oleh PT Rezka Nayatama. 

“Pada saat di lapangan, oknum “Pemain Lahan” tersebut menghasut puluhan oknum masyarakat untuk merangsek masuk lahan kami di saat petugas kami sedang bekerja di atas lahan kami. Bahkan terdapat oknum “Pemain Lahan” yang berasal dari luar pengawisan yang menghasut warga untuk menghadang petugas kami saat memasang patok dan plang perusahaan.” Ujar Bayu Satria, Selaku Government Relation PT Rezka Nayatama

Sejumlah aparat penegak hukum berjaga pada saat pemasangan patok dan plang milik perusahaan, pada saat kegiatan berlangsung disaksikan dari pihak Pemerintah Desa baik Sekotong Barat maupun Desa Persiapan Pesisir Mas namun “Pemain Lahan”  merangsek masuk lahan tanpa seizin dari pemilik lahan. Kondisi tersebut, pada akhirnya menimbulkan gesekan singkat di antara masyarakat yang sedang bekerja memasang patok dan plang PT Rezka Nayatama dengan warga pengawisan yang dihasut merangsek masuk ke lahan oleh para oknum tersebut.

“Hari Sabtu, 13 Januari 2024 yang lalu, pihak perusahaan bersama petugas pemasang patok dan plang dihadang oleh oknum masyarakat pengawisan yang digerakkan oleh oknum-oknum “Pemain Lahan” yang tidak bertanggung jawab dengan menghasut oknum warga untuk merangsek masuk ke lahan PT Rezka Nayatama dan merusak plang yang sudah terpasang. Kami sebagai pemilik lahan sah berusaha melindungi aset yang kami miliki saat kami sedang bertugas memasang patok di atas aset milik PT Rezka Nayatama. Kami sebagai pekerja yang bertugas sangat dirugikan akibat ulah para oknum tersebut yang berulang-ulang terjadi menghasut masyarakat” ujar Bayu. 

Meskipun terjadi gesekan singkat antar warga, akan tetapi kondisi dapat terkendali dengan hadirnya aparat kepolisian yang mengamankan proses pemasangan patok dan plang perusahaan hingga berjalan dengan selesai dan lancar. Proses pemasangan patok dan plang yang terdapat di tiga titik lahan PT Rezka Nayatama, HGB 027, 08 dan 05 menandakan perlunya penindakan tegas bagi oknum-oknum yang merangsek masuk lahan perusahaan untuk di tindak tegas oleh APH.

“Atas arahan Pak Dir (read: Ivan Pribadi) selaku pimpinan PT. Rezka Nayatama, kami diarahkan untuk melaksanakan tugas secara baik di atas lahan PT. Rezka Nayatama selaku pemilik sah, apabila terjadi pelanggaran hukum oleh oknum warga pengawisan yang terjadi saat pemasangan patok dan plang perusahaan, maka pelanggaran tersebut harus dibawa dan diselesaikan kepada pihak berwajib.” jelasnya. 

Investasi Terhambat di Sekotong Barat, Warga Pengawisan menjadi korban kepentingan pribadi oknum warga “Pemain Lahan".

Masyarakat di wilayah Sekotong membutuhkan kepastian mengenai pembangunan lebih lanjut yang akan dilakukan oleh PT Rezka Nayatama di Desa Sekotong Barat. Hingga saat ini, baru terdapat satu Pabrik Porang yang beroperasi dengan mempekerjakan 300 lebih tenaga kerja selama proses berdirinya Pabrik Porang di Sekotong. Di sisi lain, ke depan telah direncanakan pembangunan hotel & resort serta pelabuhan privat yang menghubungkan daerah Sekotong secara langsung dengan Bali. 
Melalui perencanaan tersebut PT Rezka Nayatama memiliki proyeksi kebutuhan tenaga SDM lokal lebih dari 500 tenaga kerja yang akan bekerja untuk menjalankan operasional beberapa unit usaha yang terdapat di daerah Sekotong. Hal tersebut hingga saat ini belum dapat terealisasi dengan baik akibat adanya gangguan oknum masyarakat yang menghasut masyarakat dusun pengawisan untuk menolak hadirnya perusahaan di daerah Sekotong Barat. 

“PT Rezka Nayatama memiliki niat baik untuk terus berkomitmen melakukan pembangunan secara berkelanjutan serta mengajak keterlibatan masyarakat di Kecamatan Sekotong untuk bersama-sama merealisasikan investasi dari PT Rezka Nayatama yang lebih besar dari sebelumnya. Hanya saja, dalam proses pembangunan yang berkelanjutan serta mengajak keterlibatan masyarakat, PT Rezka Nayatama terhadang oleh para oknum masyarakat yang mementingkan kepentingan pribadin semata. Oleh karena itu, kami berharap ada tindakan tegas terhadap oknum masyarakat di dusun pengwisan ini oleh apparat penegak hukum” Ujar Ryan Idha selaku Government Relation PT Rezka Nayatama. 

Investasi berkelanjutan di daerah Sekotong sangat diperlukan sebagai penopang infrastruktur alam yang tidak kalah dengan wilayah Senggigi dan Mandalika. Hamparan laut dan sejumlah gili yang terdapat di wilayah Sekotong memerlukan sentuhan investasi agar prekonomian masyarakat berputar secara baik dan meningkat. Adanya para oknum “pemain lahan” salah satunya di Dusun pengawisan sangat menghambat proses pembangunan masyarakat di Sekotong.

“Setidaknya terdapat 6 orang oknum yang diduga menjadi aktor intelektual yang berasal dari oknum masyarakat di dusun pengawisan, keenam oknum ini sudah kami laporkan kepada pihak berwajib dengan beberapa laporan, hingga kini para oknum tersebut masih menggerakkan massa untuk melakukan boikot kepada perusahaan, kami khawatir gerak-gerik oknum ini akan juga berdampak pada pembangunan di daerah Sekotong. Pada Akhirnya masyarakat yang akan dirugikan, " jelas Ryan 

Oknum-oknum tersebut diduga telah menguasai lahan tanpa memiliki sertifikat sah, bahkan terdapat oknum yang menduduki lahan dengan cara mendirikan bangunan sebagai lokasi berusaha. 

“Salah satu oknum yang diduga menjadi aktor intelektual utama bahkan membangun bangunan tanpa izin dan mengoperasikan usaha resto di Pantai Elak-elak di atas tanah PT. Rezka Nayatama tanpa adanya izin penggunaan lahan dari pemilik sah serta izin usaha dari Pemda Lombok Barat. Kami mendapat informasi oknum tersebut mendapat support pendanaan dari pihak asing (luar negeri)” tutup Ryan.(***)

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar