News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mastur: Lamban dan Tidak Becus Urus DLH LOBAR , Kadis DLH Harus Mundur

Mastur: Lamban dan Tidak Becus Urus DLH LOBAR , Kadis DLH Harus Mundur

Senggigi
Foto: Mobil Yang Melalui jalur Senggigi Tertimpa Pohon yang Tumbang


LOMBOK BARAT, - Kadis DLH LOBAR Harus Mundur dari jabatannya karena lamban, tidak becus Mengurus dan tidak sigap dengan keluhan para kades. Hal itu dikatakan dengan tegas oleh kepala desa Senggigi Mastur melalui Pesan WhatsApp. JUM'AT, 05/01/24.


Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lobar telah menjadi sorotan publik setelah dinilai lamban dalam merespon laporan dari para kepala desa, terutama terkait potensi pohon yang menempati tumbang di wilayah Senggigi-Batulayar. 


Ketidak Responsif dari DLH ini menjadi perhatian serius karena berpotensi mengganggu kenyamanan dan keamanan warga setempat, maupun wisatawan yang berkunjung ke sana.


Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lobar dinilai lamban dalam merespon laporan dari para kepala desa, salah satunya di wilayah Senggigi - Batu Layar, terkait potensi pohon yang dikhawatirkan tumbang. Padahal banyaknya pohon yang berpotensi tumbang itu ditakutkan berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan warga setempat, maupun wisatawan yang berkunjung ke sana.


Kades Senggigi, Mastur menyayangkan lambannya tindakan dari DLH Lobar itu. Terlebih setelah terjadi pohon tumbang dan menyebabkan ringseknya kendaraan dan adanya korban luka pada Jumat (05/01) siang kemarin.


“Sudah kita bersurat untuk melakukan investigasi pohon-pohon yang mana  rawan tumbang, tapi sampai sekarang hanya survei-survei saja, tapi tindakannya tidak ada,” cetus Mastur  Jumat  melalui Pesan WhatsApp (05/01/2024).


Pihaknya pun menilai DLH Lobar tidak memprioritaskan kawasan Senggigi dan Batu Layar dalam upaya antisipasi pohon tumbang yang dikhawatirkan memakan korban ini. “Saya mengecam keras kelalaiannya DLH Lobar yang tidak memprioritaskan Senggigi ini,” tegasnya.


Padahal, kata dia, pihaknya sudah bersurat ke DLH Lobar sejak pertengahan Desember 2023 lalu. Namun hingga kini terjadi pohon tumbang, pihak DLH tak kunjung melakukan penanganan sebagai respon atas surat tersebut.


 “Kalau memang Kadis DLH Lobar tidak mampu mengurus DLH, lebih baik dia mengundurkan diri sudah,” ancam Mastur.


Pihaknya pun mencatat ada ratusan pohon di ruas jalan mulai dari Meninting hingga Senggigi yang dinilai memerlukan pemeliharaan atau perampingan karena rawan tumbang. “Kalau yang rentan itu, banyak yang harus kita potong-potong  juga itu,” katanya.


Selain itu, ranting pohon yang masuk ke jalan juga perlu pemangkasan agar tak mengganggu lalu lintas bus-bus pariwisata yang kini sudah mulai ramai mengunjungi kawasan wisata tua ini yang tentunya masih menjadi ikon Lobar. 


“Perlu dipikirkan juga oleh pemerintah terutama DLH LOBAR, sebagai contoh bus pariwisata yang akan berkunjung ke wilayah wisata Senggigi namun, mendapatkan musibah yang tidak terduga dikarenakan tertimpa Pohon yang sudah harus dilakukan penebangan. Dan itu mengakibatkan pemilik bus mengalami kerugian.” Tutupnya.(gl 02)

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar