News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dua Organisasi WIPO dan AWGIPC Berikan Apresiasi Kepada Lapas Lombok Barat

Dua Organisasi WIPO dan AWGIPC Berikan Apresiasi Kepada Lapas Lombok Barat

LOMBOK
Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Parlindungan beserta jajarannya, menerima kunjungan City Tour delegasi Meeting World Intellectual Property (WIPO) dan ASEAN Working Group of Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lombok Barat (Lobar), Jumat (10/11).

LOMBOK BARAT , -  Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Parlindungan beserta jajarannya, menerima kunjungan City Tour delegasi Meeting World Intellectual Property (WIPO) dan ASEAN Working Group of Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lombok Barat (Lobar), Jumat (10/11).

"Para peserta ini merupakan delegasi dari dua organisasi yang mengadakan konferensi di Pulau Lombok untuk membahas kekayaan intelektual. Awalnya pilihan negaranya ada dua. Yakni Filipina dan Indonesia tepatnya di Lombok. Setelah disurvei, keunikan budaya dan daerah pariwisatanya, akhirnya terpilih kegiatannya di Pulau Lombok," ungkap Parlindungan.

Konferensi yang diselenggarakan di Hotel Pullman, Lombok Tengah, berlangsung selama dua hari. Sebelumnya, para peserta ini diajak jalan-jalan ke Desa Sukarara untuk melihat kain tenun produksi masyarakat desa setempat. Sedangkan di Lapas Lobar, para peserta ini dilibatkan dalam proses pembuatan Batik Gembok dan Kerajinan Cukli.

Menurut Parlindungan, City Tour delegasi dua organisasi ini merupakan momentum dalam rangka mengenalkan produk binaan Lapas Lobar ke mata dunia. 

"Ketika melihat langsung Batik Gembok dan Kerajinan Cukli, mereka memberikan apresiasi, karena menilai, kualitasnya sangat baik. Mudah-mudahan produk dapat dikenal dunia, minimal di negara-negara asia," harapnya.

Kedatangan rombongan delegasi Meeting World Intellectual Property (WIPO) dan ASEAN Working Group of Intellectual Property Cooperation (AWGIPC), di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lombok Barat (Lobar), Jumat (10/11), disambut hangat Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, beserta jajaran lapas tersebut.

Kedatangan rombongan delegasi tersebut dalam rangka city tour usai dua hari melaksanakan agenda konferensi di Hotel Pullman, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Sebelumnya, rombongan ini diajak ke Desa Sukarara untuk melihat produk kain tenun di desa tersebut. 

Setelah sampai di Lapas Lobar, rombongan ini dipersilahkan untuk melihat produk hasil karya warga binaan Lapas Lobar Termasuk Batik Gembok dan Kerajinan Cukli.

"Warga binaan yang menjadi pengrajin Batik Gembok ini dulunya seniman tato. Setelah dibina, mereka akhirnya mengimplementasikan keahliannya untuk membuat batik tulis ini," ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham NTB,Parlindungan, usai menemani rombongan delegasi dua organisasi internasional tersebut.

Tidak hanya sekedar melihat-lihat sejumlah produk Lapas Lobar.Rombongan organisasi itu juga berkesempatan untuk melakukan eksplorasi bahkan, ikut dalam proses pembuatan Batik Gembok dan Kerajinan Cukli. Salah satu delegasi WIPO, Gerard Owen yang juga sempat mencoba proses produksi Batik Gembok, mengaku senang.

Ia menilai, Batik Gembok memiliki corak yang khas dan menarik. Begitu juga dengan warna batik tersebut yang dinilai unik, ditambah warna kuning emas yang mencolok dan membuat batik tersebut terlihat cantik. "Saya tidak begitu bisa menggambar karena saya tidak mempunyai skill yang baik,tetapi bagus untuk di coba," ujarnya.

"Produknya ini sangat bagus, perlu promosi dan memperkenalkan produk ini. Saya suka warnanya,karena kaya dengan warna, dan memiliki nilai seni yang tinggi dan menarik. Terima kasih atas kesempatan untuk mencoba," puji bule kelahiran England ini.

Pujian yang sama disampaikan Jang Juneho Saking senang dengan produk hasil karya warga binaan, pria Korea ini juga memborong beberapa cinderamata produksi Lapas Lobar, sebagai oleh-oleh untuk anak perempuannya.

"Produk disini harganya sangat murah, sangat berbeda dengan di negara lain. Para pedagang di sini juga ramah dan baik. Sehingga saya enjoy dan nyaman," ucapnya.. (gl 02)

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar