News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tangan Terpotong, Polisi Ungkap Kasus Penganiayaan Berat , Itu Bukan Pembegalan

Tangan Terpotong, Polisi Ungkap Kasus Penganiayaan Berat , Itu Bukan Pembegalan

Kasus
Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Bagus Nyoman Gede J., S.H., S.I.K., M.AP., didampingi Kasat Reskrim AKP I Made Dharma Yulia Putra S.T.K.,S.I.K

LOMBOK BARAT, - Polres Lombok Barat mempublikasikan keberhasilannya dalam mengungkap kasus penganiayaan berat, Selasa (17/10/2023). Kasus penganiayaan berat ini terjadi di Jalan Raya Dusun Prajurit, Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan Lombok Barat pada Selasa (10/10/2023).
 
Dalam keterangannya, Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Bagus Nyoman Gede J., S.H., S.I.K., M.AP., didampingi Kasat Reskrim AKP I Made Dharma Yulia Putra S.T.K.,S.I.K. Kemudian Kasi Humas Iptu I Gede Gumiarsana dan Kapolsek Kuripan Ipda Fahrizal Eko Suryanto.

Kapolres Lombok Barat menerangkan bahwa tersangka berinisial R (38) asal Desa Labulia, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah ditangkap setelah melarikan diri. 

Sedangkan Korban berinisial B (37) asal Desa Giri Sasak, Kecamatan Kuripan, Lombok Barat, mengalami luka parah hingga pergelangan tangannya putus.

Kapolres Lombok Barat juga menegaskan bahwa kasus ini murni penganiayaan berat dan bukan pembegalan seperti yang sempat tersebar di media sosial

“Informasi yang beredar bahwa korban merupakan korban begal adalah hoax. Kami sudah melakukan penyelidikan dan menemukan fakta sebenarnya,” ujarnya pada Selasa (17/10/2023).

Dalam informasi hoax tersebut menarasikan untuk jangan lewat Kuripan atau jangan lewat Gerung karena ada begal, dan memberikan gambar kejadian ini.

Sehingga, pada kesempatan ini, Kapolres Lombok Barat menegaskan kembali bahwa informasi begal tersebut adalah hoax.

Menurut keterangan Kapolres, kejadian bermula ketika korban bersama adiknya berinisial J (35) pergi ke rumah penjual tuak berinisial T di Dusun Pelabu, Desa Kuripan Selatan, Kecamatan Kuripan. 

Untuk membeli minuman beralkohol jenis tuak. Di sana, mereka bertemu dengan pelaku yang sedang minum tuak bersama rekannya.

Terjadi adu mulut antara korban dan pelaku karena pelaku merasa diolok-olok oleh korban. Penjual tuak kemudian menyuruh tersangka untuk segera pulang.

Setelah tersangka pulang, korban dan teman-temannya melanjutkan minum tuak. Mereka kemudian pulang dengan menggunakan sepeda motor.

Sesampainya di depan SDN 1 Kuripan, pelaku yang sudah menunggu korban bersama rekannya langsung memepet korban dari sebelah kanan dan menyuruhnya berhenti. Korban tidak menghiraukan dan terus melaju. 

Pelaku kemudian terus memepet korban hingga korban berhenti, dan langsung mengeluarkan senjata tajam jenis parang sambil dan mengayunkannya ke arah korban sambil berkata ‘Kamu yang bilang mau menginjak saya tadi’.

Akibatnya, pergelangan tangan korban terputus. Adik korban yang melihat kejadian itu langsung melarikan diri, namun dikejar oleh tersangka. Beruntung, adik korban berhasil kabur dan melaporkan kejadian itu ke Polres Lombok Barat.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan untuk mencari keberadaan tersangka. Tim melakukan penggerebekan di rumah pelaku di Desa Labulia, namun tidak menemukannya. 

Tim kembali melakukan penyelidikan dibantu oleh aparatur desa setempat dan mendapat informasi bahwa tersangka telah diamankan di Polsek Jonggat.

Polisi mengamankan barang bukti berupa dua sepeda motor, yaitu Astrea Grand milik pelaku dan Honda Vario milik korban. Sedangkan senjata tajam jenis parang masih dalam pencarian petugas. Pelaku mengaku telah membuangnya di sekitar tempat kejadian perkara.

Tersangka mengakui perbuatannya dan mengatakan bahwa ia tersinggung oleh ucapan korban yang mengatakan “Saya injak bola matamu”. Pelaku juga mengaku bahwa ini bukan kali pertama ia tersangkut tindak pidana. Sebelumnya, ia pernah terlibat dalam kasus pencurian sepeda motor.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 354 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan berat dengan ancaman hukuman maksimal 8 tahun penjara.(gl 02)

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar