News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu: Deklarasi Kawal Pemilu Damai 2024, Media Lombok Barat Cegah Berita Hoaks

Bawaslu: Deklarasi Kawal Pemilu Damai 2024, Media Lombok Barat Cegah Berita Hoaks

Bawaslu
Puluhan jurnalis baik media cetak, elektronik dan online di Lombok Barat melakukan Deklarasi Kawal Pemilu Damai 2024. 

LOMBOK BARAT, - Puluhan jurnalis baik media cetak, elektronik dan online di Lombok Barat melakukan Deklarasi Kawal Pemilu Damai 2024. Deklarasi tersebut dilakukan dalam acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2024 bersama Media Lombok Barat yang digelar Bawaslu Lobar, Selasa, 31 Januari 2023 di Lombok Barat. 

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Lombok Barat, Basriadi, SH, M.HI., mengatakan melalui kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini Bawaslu Lombok Barat mengajak seluruh awak media di Lobar untuk bersama-sama mengawal semua tahapan Pemilu 2024 mendatang. 

"Tujuannya adalah agar teman-teman media yang ada di Lombok Barat ikut berpartisipasi, mencegah berita hoaks di masyarakat dalam proses pelaksanaan pemilu 2024, sehingga sangat penting teman-teman media kami libatkan dalam proses demokrasi ini," ungkapnya. 

Diakuinya, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya pelanggaran dalam proses tahapan pemilu yang dilaksanakan oleh KPU Lombok Barat. 

"Sampai saat ini kami belum ada temuan-temuan pada tahapan pemilu yang sudah dilaksanakan oleh KPU (lobar), karena tahapan ini kan sifatnya masih pendaftaran," ujarnya. 

Namun demikian, sejak awal pihaknya sudah melakukan himbauan kepada KPU dalam tahapan proses pelaksanaan Pemilu. Mulai dari pendaftaran partai politik (parpol), pendaftaran calon DPD, rekrutmen PPS dan PPK. 

"Bawaslu selama ini sudah mengeluarkan himbauan untuk mematuhi peraturan KPU yang dijadikan rujukan dalam proses Pemilu," tandasnya.

Sosialisasi Partisipatif bersama awak media tersebut menghadirkan Redaktur Radar Lombok Rasinah Abdul Igit sebagai Narasumber. Ia mengatakan bahwa dalam melakukan pengawasan setiap tahapan proses pemilu tidak cukup dilakukan oleh Bawaslu saja. 

"Karena itu sangat penting melibatkan sebanyak banyaknya masyarakat dan media, sehingga pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu mempunyai peran maupun efek yang bersih," ungkap Ketua Forward Lombok Barat itu. 

Usai sosialisasi kemudian dilakukan pembacaan ikrar deklarasi pemilu damai 2024 dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi oleh seluruh awak media yang hadir dan diakhiri dengan foto bersama wartawan dan Bawaslu Lombok Barat. (gl 02).

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar