News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lomba Membaca Nyaring dan Cepat, Bangkitkan Energi Membaca

Lomba Membaca Nyaring dan Cepat, Bangkitkan Energi Membaca

Membaca
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Lombok Barat H. Saepul Ahkam  Senin,  (3/10).

LOMBOK BARAT,  - Literasi dasar, membaca nyaring dan membaca cepat dikalangan pelajar masih menjadi pekerjaan rumah bagi dunia pendidikan saat ini.

Hal itu terungkap saat lomba membaca nyaring dan membaca cepat, serta refleksi buku sejarah jenjang SD, SMP dan SMA yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Lombok Barat.

" Tradisi literasi kita saat ini memprihatinkan. Sesorang membaca buku hanya mampu bertahan enam menit. Jika main handphone, kita mampu bertahan tiga jam lebih perhari," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Lombok Barat H. Saepul Ahkam  Senin,  (3/10).

Menurutnya, lomba membaca nyaring dan membaca cepat ini sebagai langkah membangkitkan tradisi dan energi membaca dikalangan pelajar. Dunia digital saat ini juga menjadi tantangan yang tak mudah bagi kalangan pelajar. Banyak waktu yang tersita bagi kalangan pelajar karena mereka asyik bermain handpone.

"Hoaks dan konten yang tidak layak menjadi tantangan bagi pelajar. Pilihanya, kita harus membangkitkan tradisi literasi, "katanya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata ini, sempat melakukan testimoni bagi guru yang hadir saat itu.  Sebagian besar,  dari hasil testimoni para guru tersebut, mereka kebayakan menyampaikan bahwa akan memasukan anaknya ke Ponpes. 

"Kita semua memiliki tanggungjawab mencerdaskan anak bangsa,"katanya seraya mengatakan bahwa lomba ini diselengarakan bertujuan agar pelajar dan para guru akrab dengan Disarpus. Sebab, jika mengharapkan pengunjung  yang datang ke Disarpus, tanpa ada kegiatan ini dinilai masih minim karena ia menilai bahwa Disarpus bukan gudang buku, tapi gudang ilmu pengetahuan. 

" Kalau menunggu pengunjung yang datang, masih minim. Ya, harus dibuatkan kegiatan. Disarpus gudang ilmu,"katanya sembari memberikan apresiasi bagi sekolah yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Kami juga menggelar pameran museum. Pameran ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi masyarakat. 
Mengunjungi museum sering dikreditkan dengan mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu pada anak-anak,"katanya. ( gl 02).


Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar