Ini Salah Satu Obyek Wisata Favorit Yang Ada Di Lingsar

Salah satunya wisata air "Kolam Renang Manggong" yang terletak di Dusun Manggong Desa Batu Kumbung.


LOMBOK BARAT , -  Nusa Tenggara Barat (NTB) dikenal sebagai sumberdaya air melimpah, selain kecamatan Narmada.Banyak wisata bernuansa air dibangun oleh kalangan swasta maupun pemerintahan desa di kecamatan tersebut. Salah satunya wisata air "Kolam Renang Manggong" yang terletak di Dusun Manggong Desa Batu Kumbung.


Pemandian ini selalu ramai dikunjungi warga, tidak hanya dari wilayah kecamatan lingsar tetapi juga berasal dari kecamatan lainnya di Lombok Barat dan bahkan Kota Mataram. Apalagi pada masa liburan sekolah, menjadi salah satu obyek wisata favorit di kecamatan lingsar.


Ketua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Batu Kumbung, Sumaidi di lingsar, Selasa (1/6/2021) mengatakan, wisata kolam renang manggong adalah salah satu objek wisata desa yang dimiliki oleh desa wisata batu kumbung. 

"Ini kan letaknya di Dusun Manggong yang memiliki potensi sumber mata air sehingga di branding menjadi kampung wisata ," ungkapnya.

"Desa Wisata Batu Kumbung sendiri dikelola oleh Badan Usaha Milik Sesa  (Bumdesa) melalui unit usahanya yaitu pokdarwis. Obyek wisata Kolam yang dibangun pada tahun 2018 ini merupakan salah satu icon dan sumber pendapatan asli desa melalui wisata." tambah Sumaidi atau yang akrab disapa Edong ini.

Sumaidi menjelaskan, Batu kumbung membangun Desa wisata dengan tema kampung wisata dimana semua kampungnya merupakan obyek wisata. 


"Sehingga di Desa Batu Kumbung, anda dapat menemukan 8 obyek wisata desa yaitu wisata air, wisata budaya, wisata mina, wisata tani, ekowisata, wisata kerajinan, wisata seni dan wisata agro," ujarnya..

Khusus untuk kolam manggong, kata Sumaidi, meski sudah dibangun sejak 2018 dengan nilai investasi mencapai Rp 900 juta, namun kolam manggong baru mulai memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes) pada 2020 dengan nilai omset sekitar 8 hingga 10 juta rupiah perbulan.

"Bumdes sendiri membangun desa wisata dengan tujuan menjadikan wisata sebagai media promosi untuk semua produk maupun kegiatan masyarakat. Sampai hari ini wisata desa batu kumbung melalui bumdes memiliki 8-10jt omset per bulan," sebut Edong.(gl 02).

Belum ada Komentar untuk "Ini Salah Satu Obyek Wisata Favorit Yang Ada Di Lingsar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 Iklan Daun Kelor

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel