Grand Opening BUMDes Smart Maju Berkah Desa Midang, Bupati Ajak Untuk Berdayakan UMKM

Grand Opening BUMDes Smart Maju Berkah, di Desa Midang, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Sabtu (10/4/2021).


LOMBOK BARAT, Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Dalam hal ini BUMdes Midang Kecamatan Gunungsari juga memiliki Visi Misi untuk membangun perekonomian yang berkualitas, maju dan berkah, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Midang Samsudin saat menggelar Grand Opening BUMDes Smart Maju Berkah, di Desa Midang, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Sabtu (10/4/2021).


Mengingat masyarakat yang sangat bergantung pada usaha untuk meningkatkan perekonomian, maka tak heran jika banyak usaha yang didirikan, mulai dari usaha kecil, menengah, hingga usaha besar, selain itu banyaknya persaingan usaha yang datang dari masyarakat luar dari desa itu sendiri, seperti supermarket supermarket yang menjamur saat ini. Mengingat hal demikian Kepala Desa Midang ingin menggerakkan ekonomi masyarakat melalui BUMdes, salah satunya ialah bom bast harus menyiapkan tempat yakni BUMDes mart yang diresmikan oleh Bupati.


“BUMDes Harus memiliki Market yang menjual kebutuhan pokok masyarakat” kata Samsudin Kepala Desa Midang.


Selain mendirikan tempat market BUMDes, desa setempat juga berencana akan menjadi supplier kebutuhan pokok di setiap kios yang ada di Desa Midang, serta menjadi pusat central pemasaran dan pembinaan UMKM.


Hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Sunarto Direktur BUMDes Midang bahwa pengurus BUMDes dalam menggerakkan perekonomian adalah suatu amanah dengan harapan bisa berkolaborasi bersama para pelaku usaha dengan dinas terkait untuk meningkatkan perekonomian, selain itu fungsi dari BUMDes adalah membangun dan meningkatkan perekonomian desa,mengingat ada sebanyak 670 UMKM yang ada desa midang yang memiliki berbagai macam profesi dan produk unggulan sehingga dalam kondisi tersebut hasil produk umkm bisa dipasarkan baik lokal, nasional, bahkan internasional.


Bupati Lobar H. Fauzan Khalid yang berkesempatan hadir dan menyampaikan bahwa tema ulang tahun Lobar tahun ini adalah kolaboratif dan inovatif, tentu dalam hal ini pembangunan Lobar pemerintah daerah ingin melibatkan partisipasi peran serta masyarakat serta stakeholder, untuk terus bersama sama membangun perekonomian masyarakat Kabupaten Lobar melalui kolaborasi dan inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh masyarakat Lobar tak terkecuali hasil dari produk UMKM Lobar.


Selain itu Bupati juga berpesan semoga apa yang menjadi sisi misi ketua bumn des serta kepala desa setempat bisa dikembangkan.


Hadir dalam acara tersebut Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Kadis DPMD, Kadis Kominfo Lobar, Forum Komunikasi Sales dan Marketing NTB, tokoh agama, tokoh masyarakat desa setempat. (Gl 02).

Belum ada Komentar untuk "Grand Opening BUMDes Smart Maju Berkah Desa Midang, Bupati Ajak Untuk Berdayakan UMKM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1 Iklan Daun Kelor

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel