Sekolah Tinggi Gde Puja Resmi Menjadi Institut

 

Gubernur DR Zulkieflimansyah dan Menteri Agama,  Fachrul Razi resmikan Sekolah Tinggi Agama Hindu Gde Puja Mataram  di kampus IAHN, Rabu (16/12). 

MATARAM, - Perubahan status Sekolah Tinggi Agama Hindu Gde Puja Mataram menjadi Institut Agama Hindu Negeri Mataram diharapkan dapat berkontribusi sebagai wahana kebijaksanaan dan pengetahuan. 

Hal itu dikatakan Gubernur DR Zulkieflimansyah dalam peresmian oleh Menteri Agama,  Fachrul Razi di kampus IAHN, Rabu (16/12). 

"Agama tidak boleh menghambat kemajuan dengan dogma yang kontraproduktif. Semoga dengan perubahan status yang diikuti dengan dinamika yang tinggi bisa menghadirkan kebaikan bagi semua", ujar Gubernur. 

Dirjen Bina Masyarakat Hindu, Tri Handoko Selo mengatakan, sekolah tinggi Gde Puja sesungguhnya adalah aset daerah juga bukan hanya kebanggan umat Hindu. Perguruan tinggi ini kini telah bertransformasi menjadi lebih besar dan diharapkan dapat berkontribusi sebagai pusat moderasi agama. Selain dengan akar sejarah Hindu yang panjang di NTB, beberapa program studi umum juga dibuka bagi calon mahasiswa yang ingin belajar. Sebanyak sembilan program studi, tujuh diantaranya adalah strata satu dan selebihnya magister. 

Sementara itu, Plt Rektor IAHN, Susilo Edi Purwanto mengatakan, tahun ini adalah usia ke 19. Sejak pertama berdiri sebagai Pendidikan Guru Agama Hindu di tahun 1966 dan menjadi sekolah tinggi di tahun 1995, usulan menjadi institut telah berproses tahun 2014. Baru kemudian atas rekomendasi Gubernur, DPRD, Walikota Mataram, tokoh Hindu dan elemen lain, usulan di tahun 2019 resmi dinaikkan statusnya melalui Perpres 20/2020 pada Januari lalu. 

Menteri Agama, Fakhrul Razi mengatakan, peningkatan status ini harus diikuti dengan kualitas tri darma perguruan tinggi dalam pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga dapat sejajar dengan perguruan tinggi lainnya. 

"Kualitas sumberdaya kependidikan mempengaruhi kualitas pendidikan. Kualitas sarana dan prasarana juga harus memiliki piranti teknologi informasi untuk pengembangan di masa depan", ucap Menteri. (Gl 02).

Belum ada Komentar untuk "Sekolah Tinggi Gde Puja Resmi Menjadi Institut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1 Iklan Daun Kelor

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel