News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

IAGI Pengda NTB sebagai Host Pelaksanaan PIT IAGI-49 2020

IAGI Pengda NTB sebagai Host Pelaksanaan PIT IAGI-49 2020

 

PIT IAGI tahun ini merupakan pertemuan yang ke 49 yang diadakan di Lombok – NTB

MATARAM, - Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (PIT IAGI) merupakan event yang sangat dinantikan bagi para geology dan pemerhati ilmu kebumian. Ahli kebumian yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari akademi, praktisi dan birokrasi sehingga Pertemuan yang dibalut dalam nuasan kekeluargaan menjadi ajang silaturrahmi dan berbagi ilmu bagi para ahli kebumian dengan bidang kerja yang berbeda-beda dan keahlian yang berbeda-beda pula.

PIT IAGI tahun ini merupakan pertemuan yang ke 49 yang diadakan di Lombok – NTB, dimana IAGI Pengda NTB sebagai host dalam pelaksanaan event ini. PIT IAGI ini menjadi special karena bertepatan dengan ulang tahun IAGI yang ke-60 dan pemilihan ketua baru IAGI periode 2020-2023. Diumur yang sudah cukup mapan tentunya IAGI dituntut sebagai organisasi profesi yang dapat memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa dan negara khususnya dalam bidang kebumian sehingga pembangunan yang berwawasan sumber daya dan bencana geologi dapat terlaksana.

Selain itu, PIT IAGI tahun ini juga semakin spesial karena akan dirangkaikan dengan acara Munas dan Pemilu IAGI untuk pemilihan kepengurusan periode berikutnya. Hal ini tentunya mempunyai nuansa tersendiri bagi pelaksanaan PIT IAGI 49 dimana akan diikuti oleh seluruh anggota IAGI, Perwakilan Pengda, anak-anak organisasi IAGI, dan beberapa perwakilan luar negeri. 

Isu lingkungan menjadi isu yang sangat seksi akhir-akhir ini mengingat meningkatnya jumlah penduduk yang meningkatkan kebutuhan akan komoditi geologi seperti bahan tambang dan kebutuhan akan ruang mengakibatkan isu-isu lingkungan semakin perlu untuk diperhatikan. Dalam mewadahi hal tersebut IAGI membalut Pertemuan Ilmiah Tahunan ini dalam tema “Geology and Sustainable Development” dimana isu-isu pembangunan berkelanjutan perlu diperhatikan dalam pemanfaatan sumber daya geologi.

Ada 2 sub-tema besar yang diangkat yaitu peningkatan eksplorasi potensi migas dan minerba serta pengembangan geowisata dan geopark. 

Lesunya dunia eksplorasi akhir-akhir ini mengakibatkan lapangan pekerjaan dibidang kebumian yang bersifat ekstraktif menjadi semakin sulit sehingga lulusan-lulusan geologi dari 32 kampus diseluruh Indonesia banyak yang tidak terserap. Peningkatan eksplorasi dilapangan migas baru serta mineral dan batubara dapat menjadi solusi untuk meningkatan serapan kerja dibidang ilmu kebumiian.

Sumberdaya geologi tidak hanya dapat diekstraksi sebagai bahan tambang tapi juga dapat dikembangkan sebagai wahana rekreasi yang menarik dengan keunikan bentukan geologi yang terjadi dalam waktu jutaan tahun dan bersifat tidak terbarukan sehingga perlu dilestarikan dalam bentuk geowisata atau geopark. Dimana geowisata merupakan wisata minat khusus yang menonjolkan keunikan geologi sebagai atraksi utama dalam wisata. 

Pengembangan sumberdaya geologi ini bersifat berkelanjutan karena objek geologi yang unik tetap terjaga dengan tetap memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar.

PIT IAGI secara khusus memiliki nilai tambah yang luar biasa bagi pengembangan kekayaan geologi di NTB mengingat NTB memiliki kekayaan geologi yang tinggi baik yang bersifat ekstraksi seperti emas dan tembaga maupun nilai kekayaan geologi tinggi yang menjadi wahana rekreasi minat khusus sehingga PIT IAGI diharapkan dapat memberikan banyak manfaat pagi NTB sebagai tuan rumah kegiatan ini.

Lebih dari 100 paper akan dipresentasikan dari berbagai disiplin ilmu kebumian. Paper-paper tersebut telah disaring dari sekitar 400 paper yang dikirim ke panitia. Ini menunjukkan tingginya antusias para peserta untuk ikut berpartisipasi dari berbagai instansi seperti praktisi, pemerintah, akademisi dan mahasiswa.

Sehubungan dengan wabah COVID-19, maka pelaksanaan event ini diadakan secara hybrid yaitu penggabungan antara live event dengan virtual. Live event diadakan di Kila Senggigi Beach Hotel dengan jumlah peserta yang diperbolehkan hadir maksimal 200 orang. Sementara itu, sebagian besar perserta lainnya akan mengikuti acara PIT IAGI secara online melalui virtual platform. Semua kegiatan yang dilaksanakan di Lombok akan disiarkan secara online sehingga dapat diikuti oleh semua peserta secara real time, baik yang hadir secara langsung di lokasi acara maupun yang hadir secara virtual. 

PIT IAGI tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 – 18 Desember 2020, yang diawali dengan Virtual Tour pada tanggal 15 Desember 2020, yang juga dirangkaikan dengan kegiatan bernuansa lingkungan yaitu bersih-bersih pantai yang akan dilaksanakan pada Jumat pagi tgl 18 Desember 2020. Disamping itu, beberapa kegiatan pre-event yang bertagar #Road to PIT IAGI, juga telah dilaksanakan diantaranya:

International Day for Disaster Risk Reduction (IDDR), tanggal 11 –13 October 2020. 

Geo-student Competition (GEOSC), tanggal 30 October – 1 November 2020. 

IAGI NTB goes to KSB (Sumbawa Barat Regency) tanggal 6 – 8 November 2020, dan

Penanaman pohon yang telah dilakukan di beberapa lokasi di NTB, yang bekerja sama dengan Geopak Rinjani dan KLH NTB. (Gl 02).

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar