Bimbingan Teknis Lifeskill “Kopi Kekinian”

Kegiatan Bimbingan Teknis Lifeskill “Kopi Kekinian”  Bagi Masyarakat Kawasan Rawan Narkoba Kel. Monggonao Kec. Mpunda Kota Bima NTB 12 November 2020




BIMA , Kegiatan Bimbingan Teknis Lifeskill  Bagi Masyarakat Kawasan Rawan Narkoba Di Wilayah Perkotaan/Perdesaan merupakan Kegiatan Pemberdayaan Alternatif yang diberikan kepada warga masyarakat yang berada pada kawasan/wilayah Rawan Narkoba bertempat di Kelurahan Monggonao Kec. Mpunda Kota Bima NTB. Kegiatan Dilaksanakan Dengan Membagi 3 Kelompok Kerja berdasarkan Jumlah Gerobak dan peralatan serta bahan pelatihan yang disediakan.


Bentuk Kegiatan ini adalah Pelatihan Kopi kekinian dengan Dua Merek yaitu Coffee 100% (Inspirasi dari #hidup100persen) dan Romantika Coffee (Rombo Anti Narkotika Coffee) yang inspirasinya dari Kearifan Lokal Kota Bima NTB. Kegiatan Dihadiri Langsung Oleh Kepala BNNP NTB (Drs. Gde Sugianyar Dwi Putra, SH., M.Si) pada hari Jumat tgl. 13 November 2020 dengan agenda sosialisasi P4GN dan Penyerahan Alat dan Bahan Pelatihan Kepada Kepala Lurah Monggonao Bpk. Budi Ansari, S.Sos dan Peserta Lifeskill Kopi Kekinian (Pemberian Alat berupa Gerobak dan Peralatan Pembuatan Kopi serta Bahan Baku Pembuatan kopi untuk 1 minggu kedepan sebagai modal usaha bagi para peserta) Di hadapan Para Stakeholder Undangan Terkait, dalam Kesempatan Tersebut Kepala BNNP NTB mengharapkan dengan Diberikannya Pelatihan Tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, tidak berhenti sampai selesai pelatihan namun harus tetap berdiri bahkan lebih berkembang dan menjadi sumber pendapatan tambahan maupun utama bagi masyarakat di tengah Sulitnya perekonomian Saat Ini karena Dampak Covid 19.


Pelaksanaan Lifeskill Kopi Kekinian didukung Oleh Instruktur Kopi yang telah Memiliki Usaha Kopi Sendiri dan Telah Bertahan Lebih dari 3th serta memiliki Jaringan Kopi yang Luas. Andy Amalda Pengusaha Kopi Uma Kahawa Selaku Instruktur menyampaikan Apresiasi Yang tinggi terhadap program lifeskill ini dan siap untuk berkolaborasi dengan para peserta lifeskill setelah pelatihan kopi kekinian tersebut. Melengkapi Kegiatan Lifeskill Kopi Kekinian dilaksanakan juga Softlaunching Coffee100% & Romantika Coffee yang dengan Membuat acara Live Musik dimana Kepala BNNP NTB Sebagai Pelanggan Pertama dari Masing2 Kelompok/Gerobak Kopi, Pada Malam Softlaunching Dari 3 Kelompok Peserta Lifeskill masing-masing mendapatkan omset rata2 200rb pada malam tersebut.


Adapun Output Kegiatan ini yaitu Memutus rantai Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba di lokasi rawan Narkoba Dengan Intervensi Program Alternatif Development. Meningkatnya kecakapan hidup (Life Skill) bagi mantan narapidana, penyalahguna, Masyarakat Dengan Resiko Penyalahgunaan Tinggi (Pengangguran, Mantan Napi,Keluarga Penyalahguna), kurir maupun pengedar narkoba untuk membuka usaha yang halal. Tersalurkannya bantuan alat dan bahan produksi agar usaha yang dikelola sasaran program berkembang lebih baik. Meningkatkan Peran dan Kemandirian Masyarakat Pedesaan melalui pemberdayaan sistematis Alternatif di kawasan Rawan Narkoba.


Diharapkan Outcome dari Kegiatan ini adalah Terciptanya Lingkungan Masyarakat yang kondusif, Produktif dan Bersih dari Peredaran Maupun Penyalahgunaan Narkoba.


" Beralihnya Para Pengedar, Pengguna Narkoba Maupun Masyarakat Dengan Resiko Penyalahgunaan Tinggi (Pengangguran, Mantan Napi,Keluarga Penyalahguna) menjadi lebih Produktif dan memiliki aktivitas yang tidak melanggar hukum, Norma/Adat dan Agama. 


Terbentuknya rintisan sentra usaha masyarakat di daerah rawan sebagai pilot project untuk menarik perhatian pemerintah maupun swasta agar peduli terhadap upaya P4GN di wilayah tersebut. terciptanya iklim positif usaha masyarakat di daerah rawan dan memberikan contoh usaha halal yang diharapkan dapat menggugah kurir maupun pengedar narkoba untuk sadar dan beralih profesi ke usaha halal.


Untuk Memonitoring Kegiatan ini, Panitia Juga telah Membuat Group Whatsapp dan Pemasaran akan dilakukan dengan Memanfaatkan Media Sosial dari Masing2 Peserta.


Selain itu Kegiatan ini Mendapatkan Apresiasi Yang Tinggi dari Masyarakat serta Stakeholder terkait. (Red/gl 02).


Belum ada Komentar untuk "Bimbingan Teknis Lifeskill “Kopi Kekinian”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel