News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Akhirnya, Gardu Mente Di launching Bupati Lombok Barat

Akhirnya, Gardu Mente Di launching Bupati Lombok Barat


Bupati Kabupaten  Lombok Barat (Kab. Lobar) H. Fauzan Khalid didampingi Assisten  I Setda LOBAR  H. Agus Gunawan dan Inspektur  Inspektorat  Kab.  Lobar H. Ilham melaunching  dan mensosialisasikan  Gerakan Terpadu Menuju Nol Temuan atau yang disingkat Gardu Mente.


LOMBOK BARAT,  – Setelah cukup lama dipersiapkan, Bupati Kabupaten  Lombok Barat (Kab. Lobar) H. Fauzan Khalid didampingi Assisten  I Setda LOBAR  H. Agus Gunawan dan Inspektur  Inspektorat  Kab.  Lobar H. Ilham melaunching  dan mensosialisasikan  Gerakan Terpadu Menuju Nol Temuan atau yang disingkat Gardu Mente.

   

Launching sekaligus sosialisasi di  hadapan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) se-Lobar, para camat serta lurah dan kepala desa  Sekecamatan Gerung ini dilakukan di  Aula Kantor Bupati Lobar, Rabu, (25/11).


Acara yang merupakan program Inspektorat Lobar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam tata kelola organisasi, meningkatkan kemampuan dalam SPIP, meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan  penguatan manajemen resiko.


Dalam sambutannya, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada  keluarga besar Inspektorat Lobar yang  telah berinisiatif mengadakan program Gardu Mente. Bupati mengatakan, berhasil tidaknya  dari kegiatan ini tidak hanya diserahkan kepada Inspektorat melainkan tergantung juga kepada obyek yang diaudit dan dibina seperti OPD, sekolah, desa dan  kecamatan. 


“ Enam tahun terakhir kita sudah mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Perlu digaris bawahi  mendapatkan WTP  bagi kita semua bukan  lagi menjadi kebanggaan tapi kewajiban.  Sama hal  dengan program  Gardu Mente Inspektorat sekarang,  kalau  ini berhasil dalam  3 tahun berturut- turut itu masih berupa kebanggaan, tetapi kalau sudah 5 kali  maka itu menjadi kewajiban,”ungkapnya.


Fauzan juga mengharapkan setelah Gardu Mente ini berhasil  temuan tidak hanya menjadi  nol temuan tetapi program itu  diharapkan bermanfaat bagi masyarakat. 


Inspektur Inspektorat Lobar  H. Ilham mengatakan,  dengan dicetuskan program Gardu Mente ini diharapkan kedepannya bisa mengurangi temuan-temuan baik  yang bersifat administratif  maupun kerugian.  


“Dengan adanya ini  pengauditan baik yang dilakukan oleh BPK, BPKP, Inspektorat Provinsi maupun Kabupaten secara  berangsur-angsur bergerak menuju kepada nol temuan dan terwujudnya  tata  kelola  pemerintahan yang baik, bersih serta melayani,” ujar Ilham.


Dikatakan Ilham, ada 4 program utama di Gardu Mente ini yaitu  Program APIP nyambang OPD, APIP Ngayo Desa, APIP  Jango Sekolah dan bilik konsultasi. (Gl 02).

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar