News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Provinsi NTB Kini Punya Bus Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

Provinsi NTB Kini Punya Bus Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

pelepasan First Riding atau ujicoba satu unit Bus Disabilitas NTB Gemilang oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang berlangsung di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Jum'at, 2 Oktober 2020


MATARAM ,  - Provinsi NTB kini memiliki kendaraan yang diperuntukkan khusus bagi penyandang disabilitas. Hal tersebut ditandai dengan pelepasan First Riding atau ujicoba satu unit Bus Disabilitas NTB Gemilang oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang berlangsung di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Jum'at, 2 Oktober 2020.

Dalam momen tersebut, Gubernur mengaku senang melihat kebahagiaan para penyandang disabilitas menyambut kendaraan umum yang tentu akan mempermudah mobilitas yang kerap terhambat akibat transportasi. Menurutnya, hal ini semakin membuktikan bahwa NTB adalah daerah yang ramah anak dan juga penyandang disabilitas.

"Mestinya ini suatu hal yang biasa, bahwa saudara-saudara kita yang kebetulan mengalami disabilitas itu punya fasilitas. Jadi bukan suatu hal yang istimewa tapi memang sudah menjadi haknya," ucapnya.

Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini kemudian berharap kehadiran bus ini akan mempermudah para penyandang disabilitas untuk ke sekolah, tempat kerja, bahkan ke tempat-tempat rekreasi. Selain itu, Pemprov juga segera akan mengupayakan agar bus seperti ini dapat hadir di setiap kabupaten/kota di NTB.

"Kita targetkan, mudah-mudahan ada caranya nanti, pas HUT NTB nanti kita tambah," terang Bang Zul.

Saat ini, ada tiga unit Bus Disabilitas yang sudah siap untuk beroperasi. Antara lain, satu unit bus di Pulau Lombok serta dua unit bus untuk Pulau Sumbawa yang mencakup Sumbawa dan KSB serta Dompu dan Bima. Bang Zul pun mengapresiasi Dinas Perhubungan Provinsi NTB berkat terobosannya tersebut.

"Perjalanan panjang selalu harus dimulai dengan langkah pertama," tutup Bang Zul.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Drs. Lalu Bayu Windia, M.Si mengungkapkan bahwa pengoperasian Bus Disabilitas merupakan yang kedua di Indonesia setelah Jawa Barat pada tahun 2019 lalu. Oleh sebab itu, Ia menyebut acara hari ini memiliki kesan tersendiri.

"Alhamdulillah hari ini kita menyelenggarakan sebuah acara yang cukup monumental, yaitu gladi rute atau tes rute untuk pemanfaatan Bus Disabilitas," kata Bayu.

Bayu juga menerangkan bahwa sejatinya bus ini akan secara penuh diresmikan pada peringatan HUT NTB pada bulan Desember mendatang. Hal ini juga bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Selain dikhususkan untuk penyandang disabilitas, bus ini juga disebutnya sangat ramah anak. Ia pun turut berharap kehadiran bus ini dapat memberi banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya penyandang disabilitas.

Terlihat raut wajah gembira para penyandang disabilitas yang akhirnya memiliki kendaraan umum yang dapat digunakan sehari-hari. Salah satunya, diungkapkan Munawar yang begitu bersyukur mendapat fasilitas dari Pemprov NTB.

"10 kursi roda dan 1 unit bus dapat menambah kebahagiaan kami, kami diperhatikan, kami dijadikan saudara oleh Gubernur," aku Munawar.

Acara ini turut pula dihadiri Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Provinsi NTB. Dalam kesempatan ini juga, Dinas Sosial Provinsi NTB turut memberikan bantuan berupa 10 kursi roda kepada penyandang disabilitas. (gl 02).


Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar