News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

HUT TNI, Gubernur dan Forkopimda Tanam Terumbu Karang

HUT TNI, Gubernur dan Forkopimda Tanam Terumbu Karang


LOMBOK BARAT, - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI yang jatuh pada tanggal 5 Oktober mendatang, berbagai kegiatan telah dilakukan, salah satunya penanaman terumbu karang di pesisir pantai Senggigi, pada Sabtu, 3 Oktober 2020.

"Jika terumbu karang rusak atau terganggu kondisinya, maka semua rantai makanan dan siklus kehidupan biota laut akan terganggu. Bahkan berpotensi menuju kepunahan. Di sini pentingnya upaya program pengelolaan terumbu karang," ujar Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah usai menanam terumbu karang.

Menyadari peran terumbu karang yang begitu besar dalam ekosistem laut, Gubernur meminta penanaman terumbu karang masif dilakukan oleh semua lapisan. Apalagi, terumbu karang punya manfaat lain yaitu sebagai penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. 

"Menanam terumbu karang bukan hal yang sulit. Sangat mudah dilakukan, mudah-mudahan ini bukan yang pertama di pantai Senggigi," harap Gubernur.

Selaku tuan rumah, Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si menyampaikan bahwa, penanaman terumbu karang akan terus dilanjutkan, terutama di pantai Senggigi. "Untuk mengajak orang kembali ke Senggigi, kami (Pemkab Lobar) menyiapkan banyak inovasi," ungkapnya.

Tak hanya Senggigi, lanjut Bupati, banyak tempat wisata lainnya di Lombok Barat yang akan ditanami terumbu karang. Itu semua dilakukan untuk menarik kembali gairah sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19. "Di Lombok Barat, kami berkomitmen, apapun kegiatannya, kami wajibkan patuhi protokol kesehatan," tambah Bupati Fauzan.

Jangan sampai, lanjut Fauzan, niat untuk berwisata serta menikmati keindahan alam, tapi malah mendatangkan penyakit. Itu semua harus diantisipasi. Protokol kesehatan di tempat wisata akan dilaksanakan secara ketat. "Silahkan nikmati keindahan alam, tapi ingat, wajib patuhi protokok kesehatan," tambah Bupati.

Sementara itu, Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han mengucapkan terimakasih kepada suluruh pihak yang telah menyukseskan acara tersebut. "Saya ucapkan terimakasih kepada BUMN, Nelayan, komunitas yang telah membantu kelancaran acara ini, semoga silaturrahim kita terus terjalin hingga masa mendatang," ujarnya.

Jendral bintang satu tersebut bercerita, persiapan acara penanaman terumbu karang ini telah disiapkan satu bulan yang lalu, terhitung, sebanyak 750 terumbu karang di tanam di pantai Senggigi. "Alhamdulillah, sebanyak 750 terumbu karang kita tanam hari ini," ungkapnya.

Kapolda NTB, Irjen Pol. M. Iqbal yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi rangkaian acara HUT TNI yang ke-75. "Alhamdulillah, sebagai saudara kandung, kami apresiasi penanaman terumbu karang ini," ungkap Kapolda.

Kegiatan tersebut, lanjut Kapolda, selaras dengan tagline HUT TNI ke-75 tersebut, yaitu Sinergi Untuk Negeri. Menurut Kapolda, seluruh kegiatan memang diperlukan kekompakan serta sinergi yang kuat. "Dengan bersinergi, kita akan semakin kuat," tutup Kapolda. (gl 02).


Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar