News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Parade Seni dan Budaya Multi Etnis iringi Selly Manan daftar ke KPU Kota Mataram

Parade Seni dan Budaya Multi Etnis iringi Selly Manan daftar ke KPU Kota Mataram

Pasangan Calon Walikota Mataram dan Calon Wakil Walikota Mataram, Hj. Putu Selly Andayani dan TGH Abdul Manan resmi mendaftar di KPU Kota Mataram, Sabtu pagi ( 5/9)

MATARAM ,  - Pasangan Calon Walikota Mataram dan Calon Wakil Walikota Mataram, Hj. Putu Selly Andayani dan TGH Abdul Manan resmi mendaftar di KPU Kota Mataram, Sabtu pagi ( 5/9). 

Kedatangan Paslon tersebut diiringi parade seni dan budaya multietnis. Atraksi seni dan budaya tersebut mewarnai pendaftaran pasangan Cakada tersebut.

Selly-Manan berjalan kaki dari Kantor DPD PDI Perjuangan menuju Kantor KPU Kota Mataram di jalan Lingkar Selatan. Selly-Manan diiringi ribuan pendukungnya dan parade budaya multietnis, di antaranya Bale Ganjur, Rudat, Hadrah, Cilokak, Perkusi dan Barongsai. Masing-masing atraksi seni budaya mewakili sebagian besar etnis di Kota Mataram.

Selly menggunakan busana khas dengan jilbab hijau dibaluti pakaian putih. Begitu juga TGH Manan menggunakan busana putih penuh kharisma.

Ribuan massa pendukung dengan gembira mengawalnya. Kegembiraan dan keceriaan massa pendukung, kader partai pengusung, dan para relawan berbaur dengan pertunjukan seni budaya yang digelar khusus mengiringi Selly-Manan.

Pertunjukan atraksi seni budaya kemudian digelar di depan kantor KPU Kota Mataram di saat Selly-Manan melakukan pendaftaran didampingi tim pemenangan.

Iringan parade budaya multietnis itu bukan tanpa alasan. Selly-Manan ingin agar kesenian di Kota Mataram bisa terus dilestarikan.

"Sebagai Kota yang penduduknya sangat heterogen, tentu Kota Mataram ini adalah Kota yang kaya seni dan budaya. Hari ini pertunjukan seni budaya ini sebagai penyemangat bahwa kita semua harus bisa melestarikan budaya," kata Selly Andayani.

Selain itu iring iringan dan atraksi seni budaya itu juga untuk memastikan bahwa pasangan Selly - Manan merangkul semua masyarakat untuk bersama membangun Kota Mataram, tak pandang latar belakang etnis dan agama.

Parade budaya multietnis dan atraksi *Happening Art*  di depan kantor KPU Kota Mataram juga dihajadkan untuk memberi hiburan dan tontonan kesenian bagi masyarakat dan relawan Selly-Manan yang ikut datang mengiringi pasangan ini mendaftar.

Hal ini bisa menjadi penyemangat baru sekaligus memberi kesegaran baru bagi masyarakat yang mengantar Selly-Manan mendaftar.

"Intinya mereka bisa menikmati tontonan atraksi budaya kita, sekaligus menghibur masyarakat. Apalagi kan sudah banyak kejenuhan masyarakat yang terbatas kemana-mana di masa pandemi Covid 19," ujarnya.

Calon Wakil Walikota Mataram TGH Abdul Manan mengatakan, keberagaman etnis dan agama di Kota Mataram akan menjadi modal yang kuat dalam membangun kebersamaan sosial di Kota ini. 

"Masyarakat kita sangat beragam, heterogen. Nah kebersamaan lintas etnis ini bisa direkat dengan seni dan budaya. Ini yang Selly Manan ingin tunjukan bahwa kami merangkul semua, karena konsep pembangunan partisipatif hanya bisa berhasil jika ada kebersamaan yang kokoh antar masyarakat," katanya.

Parade dan atraksi seni budaya multietnis yang digelar mengiringi prosesi pendaftaran Selly-Manan ke KPU Kota Mataram menunjukan bahwa Pilkada tak melulu ansih soal politik yang kaku dan penuh manuver intrik. Namun harusnya menjadi pesta demokrasi bersama yang santun dan menciptakan kegembiraan dan suka cita layaknya sebuah pesta.

Di tengah proses verifikasi berkas, Selly-Manan tidak lupa menghampiri ribuan massa pendukung di depan kantor KPU Kota Mataram.

Di atas kendaraan bak terbuka Selly mengucapkan terimakasih kepada para pendukung yang telah mengantarkan dirinya dan TGH Manan mendaftar.

"Semoga Allah SWT, Tuhan yang maha esa mewujudkan ikhtiar kita. Allahuakbar!" Pekiknya.

"Semoga kemenangan ada di paket Salam (Selly-Manan) untuk menunjukkan Mataram yang berkah cemerlang," imbuhnya.

Sementara TGH Manan dengan semangat berapi memekikkan semangat kepada para relawan. Ia juga memimpin doa bersama di sana.

"Hari ini kita sudah masuk di KPU. Semoga ikhtiar dan usaha menjadikan Kota Mataram berkah diijabah oleh Sang Maha Kuasa," ujarnya.

Selly-Manan juga menggelar konferensi pers di tengah proses penelitian berkas oleh KPU. Ia mengatakan telah memiliki kursi yang cukup setelah didukung dua partai, yaitu PDIP dan PKS.

"Alhamdulillah pagi hari ini saya Hj Putu Selly bersama TGH Abdul Manan melaksanakan tugas pendaftaran. Alhamdulillah berkas sedang diteliti oleh KPU dan kami siap menanti untuk langkah selanjutnya," katanya.

"Kami sepakat memberi nama paket Salam atau Selly-Manan. Semoga masyarakat Kota Mataram selalu mengingat Salam. Kami ingin mewujudkan Mataram berkah dan cemerlang. Kami didukung dua partai yaitu PDIP dan PKS dengan kuota kursi sudah cukup," imbuh Selly.

Ketua KPU Kota Mataram, M. Husni Abidin, mengatakan setelah melakukan serangkaian penelitian berkas, akhirnya berkas Selly-Manan dinyatakan diterima.

"Berdasarkan pemeriksaan berkas maka KPU menyatakan Paslon Selly-Manan diterima. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan psikologi," katanya.(gl 02).


Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar