Pos Pengamat TNI AL Kolo , Evakuasi ABK Kapal Ikan Sari Mulya Gt.67


Pos Pengamat TNI AL Kolo , Evakuasi ABK Kapal Ikan  Sari Mulya Gt.67


MATARAM, 
Pos Pengamat TNI AL Kolo laksanakan evakuasi anak buah kapal(ABK) ikan Kapal motor (KM) Sari Mulya Gt. 67. Minggu (12/7)

Komandan Pos Pengamat (Posmat) TNI AL Kolo mendapatkan berita melalui Frekwensi radio dichanel 16, bahwa kapal nelayan yang bernama KM. Sari mulya membutuhkan pertolongan karena salah satu anak buah kapalnya mengalami sakit.

KM. Sari Mulya dengan 29 anak buah kapal (Abk) yang melaksanakan pelayaran dari pelabuhan pangkalan ikan Muara baru Jakarta menuju area fishing ground di perairan Pulau Rote Prov. Nusa tenggara timur. 

Ditengah pelayaran sekitar Pulau Sabalana Kapten kapal KM. Sari mulya membelokan haluan armadanya kearah Pelabuhan Bima karena dirasa perlu menurunkan abknya untuk memeriksakan kondisi kesehatan.

Disampaikan, Lili Saputra yang berusia 42 tahun asal Pekalongan merasakan dirinya sudah sejak 5 hari lalu perut kembung bahkan tidak dapat buang air besar melaporkan kondisinya kepada Jumari Kapten Kapal KM. Sari mulya.

Peltu Muhammad Komandan Posmat Kolo yang mendengar berita tersebut segera memerintahkan anggotanya menyiapkan sarana patroli dan menuju Teluk Senau Bima. 

Setibanya Danposmat dan anggotanya di KM. Sari mulya segera berkoordinasi dengan Kapten kapal ikan tersebut.

Setelah mendapatkan keterangan yang cukup selanjutnya anggota Posmat kolo dan abk kapal menurunkan Lili saputra ke perahu karet milik Posmat Kolo menuju Pelabuhan Bima selanjutnya dievakuasi ke RS. Ranggo kelurahan Kolo kec. Asakota Kota Bima.

KM. Sari mulya mengikuti arah perahu karet  tim evakuasi Posmat Kolo sebagai pandu memasuki Pelabuhan Bima.

Diakuinya Jumari Kapten kapal KM. Sari mulya, karena memang belum pernah masuk Pelabuhan Bima,  jadi kami meminta TNI AL untuk sekaligus memandunya kedalam Pelabuhan.

KM. Sari mulya saat ini sandar di Pelabuhan Bima dan kondisi Lili Saputra masih dalam perawatan pihak RS. Ronggo.

Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., Komandan Lanal Mataram yang mendapat laporan tersebut sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh DanPosmat Kolo beserta anggutanya dihari ini.

Beliau juga menyampaikan, tetap semangat dan lakukan semua tugas dengan ikhlas yang telah dipercayakan TNI AL, selain bertanggung jawab terhadap keamanan Laut serta pemberdayaan dan pemanfaatan potensi maritim yang berada diwilayahnya, Posmat dan Posal  juga harus mempunyai peranan langsung pada lingkungan agar peduli dan tanggap pada situasi yang sedang terjadi. (gl 02).



Belum ada Komentar untuk " Pos Pengamat TNI AL Kolo , Evakuasi ABK Kapal Ikan Sari Mulya Gt.67"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1 Iklan Daun Kelor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel