Setelah BST, Pemdes Terong Tawah Salurkan BLT Dana Desa untuk 245 KK


Kepala Desa Terong Tawah M.Waris Zainal S.Pd., di dampingi Sekdes, Babinsa dan Babinkamtibmas BLT Dana Desa di berikan secara simbolis kepada 1 orang warga berupa uang tunai senilai Rp 600.000 per bulan dalam jangka selama 3 bulan.

Lombok Barat – Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dalam Perpu Nomor 1 Tahun 2020 ditegaskan, pengutamaan penggunaan Dana Desa (DD) dapat digunakan antara lain untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penduduk miskin di Desa dan kegiatan penanganan pandemi Corona.

Terkait pandemi virus corona yang terjadi saat ini dan akibat dampak yang ditimbulkannya khususnya terhadap warga miskin di daerah pedesaan, Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Terong Tawah Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD) tahap I guna meringankan dampak tersebut khususnya dampak ekonomi ke warga, Senin (1/6).

Diserahkan langsung Kepala Desa Terong Tawah M.Waris Zainal S.Pd., di dampingi Sekdes, Babinsa dan Babinkamtibmas BLT Dana Desa di berikan secara simbolis kepada 1 orang warga berupa uang tunai senilai Rp 600.000 per bulan dalam jangka selama 3 bulan.

“Pagi ini kita mulai menyalurkan BLT DD tahap 1 di Desa Terong Tawah dan warga,” Jelas Kades.

Rencananya BLT DD tersebut akan di salurkan ke 245 KK yang tersebar di 10 Dusun yang masuk ke wilayah Desa Terong Tawah yang merupakan hasil kesepakatan besama dengan seluruh kepala Dusun, BPD, BKD, LPM, dan tokoh yang ada di Desa Terong Tawah.

“Jadi khusus untuk BLT DD di Desa terong tawah karena kita memiliki dana Desa satu milyar dua ratus juta lebih, kita mendapatkan 35 persen dari Dana tersebut,” Terang Waris

Kades terong tawah menjelaskan adapun kriteria-kriteria yang berhak mendapatkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) diantaranya warga yang terdampak Covid-19 yang kehilangan mata pencahariannya, tidak memiliki pekerjan, tidak memiliki penghasilan sama sekali, tidak pernah mendapatkan bantuan yang sudah tercatat di masing-masing dusun dan lainnya.

“ini merupakan kriteria yang sudah di sepakati besama oleh pemerintah Desa Terong Tawah,” tutur Kades

Waris juga menambahakan jika ditemukan nama doble dalam pembagian BLT DD, akan  memperefikasi Data melalui tingkat Dusun oleh kepala Dusun beserta masyarakat dan diberikan pilihan bantuan yang layak dari pihak Desa Terong Tawah.

“Mudah-mudahan nanti untuk pembagian BLT DD tahap 2 dan 3 tentunya akan lebih lancar lagi,” Jelas Waris.

Pemerintah Desa Terong Tawah berharap dengan adanya BLT DD tersebut bisa bermanfaat, meringankan perekonomian masyarakat terdampak pandemi tentunya yang di bawah garis kemiskinan sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah Desa maupun pemerintah kabupaten lombok barat, serta menjalankan anjuran pemerintah.(gl 02).


Belum ada Komentar untuk "Setelah BST, Pemdes Terong Tawah Salurkan BLT Dana Desa untuk 245 KK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel