News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PLTU Jeranjang sebagai Backbone Kelistrikan Lombok

PLTU Jeranjang sebagai Backbone Kelistrikan Lombok

PLTU Jeranjang sebagai Backbone Kelistrikan Lombok

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang merupakan salah satu pembangkit yang menjadi andalan untuk memperkuat Sistem Kelistrikan Lombok.



LOMBOK BARAT,  - Sebagai anak perusahaan PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang pembangkitan listrik dan terbesar di Indonesia, PT Indonesia Power mempunyai tiga kategori unit, yaitu Power Generation Unit (PGU), Operation and Maintenance Services Unit (OMU) dan Power Generation and O&M Services Unit (POMU) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tak terkecuali di pulau Lombok. Rabu,(3/06/20).


Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang merupakan salah satu pembangkit yang menjadi andalan untuk memperkuat Sistem Kelistrikan Lombok.


Saat ini, PLTU Jeranjang mengoperasikan 2(dua) mesin berkapasitas masing-masing 25 MW. Dengan total daya sebesar 50 MW, PLTU Jeranjang memikul 14,1% dari beban siang pada sistem Lombok. 


Terlihat dari besaran komposisi tersebut maka PLTU Jeranjang OMU berperan sebagai backbone kelistrikan Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya pulau Lombok.


Guna menjaga kontinuitas pasokan listrik di Pulau Lombok dan sebagai upaya untuk memproduksi listrik dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan solar maka terkait dengan pengiriman batubara untuk kebutuhan operasi PLTU Jeranjang, Melky menyampaikan bahwa hal tersebut dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan memaksimalkan penggunaan dermaga atau jetty yang telah terbangun di lokasi PLTU Jeranjang dan juga melalui jalan darat melalui Pelabuhan Lembar. 


“Semua tentunya berharap agar PLTU Jeranjang ini dapat beroperasi secara kontinu. Apabila tidak memasuki masa pemeliharaan, ataupun ada gangguan yang pastinya tidak kita harapkan terjadi, PLTU Jeranjang akan terus menyuplai listrik untuk masyarakat Lombok, di samping pembangkit solar yang berfungsi sebagai backup jika sewaktu-waktu terjadi gangguan atau pemeliharaan di PLTU Jeranjang, untuk menghindari pemadaman di sistem Lombok.” tutur Melky Victor Borsalino, Manager PLTU Jeranjang OMU.


“Banyak hal tentunya yang menjadi tantangan kami dalam kegiatan operasional PLTU Jeranjang. 


Berkat dukungan dari masyarakat dan juga stakeholder, seluruh tantangan tersebut dapat kami atasi. 


Oleh karena itu, kami memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya bagi berbagai pihak yang telah bersinergi dan telah memberikan dukungan kepada PLTU Jeranjang selama ini. 


Kedepannya, tentu kami akan selalu memerlukan dukungan dari seluruh pihak untuk menjaga kontinuitas pasokan listrik di Lombok.” pungkas Melky.(gl 02).


Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar