Forum Bumdes Lombok Barat Datangi Dinas Sosial



Puluhan Ketua dan pengurus Bumdes hari ini melakukan hering ke Dinas Sosial


LOMBOK BARAT, Puluhan Ketua dan pengurus Bumdes hari ini melakukan hering ke Dinas Sosial. Hal tersebut dilakukan untuk mempertanyakan pencairan dana tahap pertama yang belum transfer. Rabu, 27 Mei 2020. 

Dalam aksi tersebut, perwakilan Forum Bumdes Lombok Barat. Ditemui langsung Kepala Dinas Sosial Lalu Martajaya dan Kepala Bidang Kemiskinan Zaenudin .  Selanjutnya secara bergantian mereka menyampaikan persoalan dan keluhanya . Ketua Forum Bumdes Nurdin langsung meminta Kepala Dinas Sosial untuk segera mencairkan dana tahap awal yang sudah selesai dibagi. Nurdin mengaku rugi dengan adanya keterlambatan tersebut karena harus membayar supplier sembako yang sudah yang belum dilunasinya. 

" Kami minta kepada Dinas Sosial untuk hari ini memberikan kabar baik pencairan dana. Karena kami ini ditagih terus Pk! Kami janji 3 hari,seminggu bahkan hingga hari ini, kalau perlu hari ini kami tunggu Pk! " Tegasnya. 


Selain itu, Heri yang merupakan ketua Bumdes Desa Taman Sari. kecamatan Gunung Sari menyampaikan keluhannya terkait hak yang sama . 

" Saya ngutang 70 juta Pk. dan kami terus janjikan mereka sesuai dengan info dari Dinsos. Tapi hingga hari ini sudah 2 Minggu lebih kami belum dibayarkan. Bahkan hari ini ada persyaratan baru. Gimana ini?" tanya Heri. 

Selain itu, Solihin dari Bumdes Senggigi dan Akhyar Rasidi dari Bumdes Kuripan Utara mempertanyakan administrasi, pajak dan Data yang tidak satu pintu. Sehingga menyebabkan proses pembagian menjadi terhambat dan membingungkan. 

Setelah mendengarkan beberapa perwakilan menyampaikan keluhannya . Kepala Dinas Sosial pun angkat bicara. Martajaya menyampaikan persoalan pencairan masih dalam proses. Dan di sela-sela proses itu Dinas Sosial berkoordinasi dengan Dinas Instansi terkait. 

"Kenapa agak lama pencairanya? Karena kami terus berkoordinasi dengan Dinas Instansi lainya. Agar tidak salah dikemudian hari. Semisal dengan inspektorat, pajak dan lainy. Tapi kami pastikan dalam Minggu ini semua Bumdes yang sudah selesai administrasi akan di transfer. 

Mengenai foto copy dan tambahan syarat administrasi itu memang arahan Dinas terkait agar tidak bermasalah dikemudian hari, dan untuk Data belajar dari kekurangan tahap pertama ini, untuk tahap kedua akan kami distribusi satu pintu. Dan mengenai pajak 11,5 persen itu tidak benar karena itu ada tambahan persyaratan berupa suket untuk tidak kena pajak" tutur Kadis Sosial. 

Setelah mendengarkan penjelasan dan menyetujui saran dan arahan Kepala Dinas Sosial. Agar melengkapi kembali tambahan syarat yang dibutuhkan untuk pencairan, seperti pengisian Form pajak, Pembuatan NPWP dan lainya . Martajaya meyakinkan bahwa pembayaran akan segera diselesaikan secepatnya. Termasuk berkas yang sudah lengkap akan di transfer. (Kamis,28/05/2020). 

Sebelum bubar Ketua Forum , Nurdin menegaskan Bumdes akan menunggu pencairan yang dijanjikan hingga besok

" Kami akan menunggu pencairan hingga besok, Kamis 28 Mei . Kalau tidak ada Bumdes yang dicairkan. Kami akan datang kembali untuk menuntut hak kami" Tegas Nurdin.(gl 03).


Belum ada Komentar untuk "Forum Bumdes Lombok Barat Datangi Dinas Sosial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel