Desa Babussalam Lombok Barat Salurkan BLT DD

Kepala Desa Babussalam M Zaini Saat Menyerahkan Bantuan BLT DD Ke Masyarakat

LOMBOK BARAT , - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Babussalam tahap I berlangsung aman dan lancar tidak ada kendala yang berarti, Kamis (21/5). Penyaluran ini hanya sempat terlambat akibat tim dari kabupaten dan kecamatan belum ada yang datang. Penyerahan ini dilakukan di Kantor Desa Babussalam dengan penyerahan secara simbolis oleh Camat Gerung dan Kepala Desa Babussalam.

Desa Babussalam melaunching penyaluran BLTD tersebut sesuai dengan instruksi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Sesuai instruksi, BLTD yang disalurkan Desa Babussalam sendiri berupa uang tunai sebesar 600 ribu rupiah yang berasal dari Dana Desa (DD).

"BLTD ini kami berikan kepada 336 KK yang ada di Desa Babussalam itu dari DD yang kita ambil sebesar 30 persen yang nantinya akan diberikan dalam 3 tahap setiap bulannya, terhitung dari bulan April kemarin hingga Juni", ujar Kepala Desa Babussalam M Zaini. Dijelaskan, dari semua total penerimaan bantuan, Desa Babussalam hampir mencapai 2.375 KK yang sudah tersentuh dan sisanya tinggal 525 KK  yang belum tersentuh. 

"Yang sisanya insyaallah usai lebaran kita akan berjuang kembali bagaimana pun bantuan bari berbagai sumber ini bisa mencover semua masyarakat yang ada di Desa Babussalam," M. Zaini

Dikatakan M. Zaini, penyaluran terkendala oleh proses verifikasi data yang memakan waktu cukup lama. "Untuk dimaklumi kenapa terlambat, karena data penerima ini kan banyak terjadi kesimpangsiuran di desa-desa lain, dari data yang turun nanti ada yang dobel, ada nama yang sudah meninggal dan lain-lain," katanya.

Ditambahkan, untuk para penerima juga dipastikan harus keluarga yang bukan dari penerima bantuan lain seperti PKH, JPS NTB Gemilang, JPS Covid-19 Lombok Barat Mantap, Bantuan Sosial Tunai dan bantuan pemerintah lainnya.

"Untuk menghindari kesalahan-kesalahan dalam pendataan sehingga bantuan ini tepat sasaran makanya dari kadus sampai desa itu kerja siang malam," tambahnya. 

Terakhir ia berharap bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat khususnya yang terdampak langsung oleh wabah Covid-19 ini.

Ketua BPD Desa Babussalam Wildan menyampaikan di tahap pertama ini kekurangan yg ada akan dijadikan pembelajaran untuk tahap berikutnya.

"Nantinya saya berharap ke depan ada perbaikan-perbaikan data-data supaya tidak ada nama-nama warga Desa Babussalam yang layak dapat tetapi telewati dan ini sudah banyak masukan dari berbagai masyarakat kita," harapnya. 

Inak Muhnim, Warga Dusun Bermi Karang Barat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah atas Bantuan yang diterima.
"Bantuan ini saya akan manfaatkan untuk membeli keperluan sehari-hari apalagi sebentar lagi tinggal menghitung hari kita akan lebaran sekali lagi saya sangat bersyukur sekali atas bantuan ini," ujarnya bersyukur.(gl 03).

Belum ada Komentar untuk "Desa Babussalam Lombok Barat Salurkan BLT DD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

 


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel