News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Relawan Lazismu Bergerilya Sampaikan Amanah Donatur

Relawan Lazismu Bergerilya Sampaikan Amanah Donatur


Lembaga Amil Zakat Infak Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Wilayah Nusa Tenggara Barat kembali menebar manfaat dengan memberikan sembako di wilayah Kota Mataram, dan Lombok Barat




LOMBOK BARAT, -
Lembaga Amil Zakat Infak Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Wilayah Nusa Tenggara Barat kembali menebar manfaat dengan memberikan sembako di wilayah Kota Mataram, dan Lombok Barat kepada sejumlah guru honorer, guru ngaji, marbot masjid, para pengemudi taksi, driver online, pengais barang rongsokan, dan pedagang kecil lainnya pada Senin 20 April 2020.

Kegiatan ini sebagai wujud kolaborasi antara Lazismu Wilayah NTB dan Bank Dinar Asri Kota Mataram melalui Program CSR Bakti Bank Dinar untuk NTB.

Menurut manager Lazismu  Wilayah Nusa Tenggara Barat Nisfu Rahayu Mutmainnah , penerima manfaat adalah orang yang terimbas secara langsung oleh wabah pandemi Covid-19 .
"Paket Sembako ini mulai dibagikan di sekitaran Jalan Sriwijaya, Majapahit, Gunung Sari, Dasan Agung, Gomong, Sandubaya, Narmada dan wilayah-wilayah lainnya" kata Yayuk.


 Sementara itu Ketua Lazismu Wilayah NTB Wiryandinata menjelaskan,para relawan yang tergabung dalam MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) telah menyalurkan bantuan kepada sejumlah masyarakat yang terdampak secara langsung baik yang berada  di Mataram maupun di wilayah Lombok Barat.

"kita menyalurkan bantuan ini kepada  juru parkir, pedagang kaki lima, tukang ojek pangkalan, pemulung, Guru Honorer, Anak Yatim,Pedagang kaki lima, buruh bangunan, petugas keamanan, marbot masjid dan musola"terang Wirya.


Sementara itu Rahmat, seorang Pedagang kaki lima yang menerima donasi tersebut mengaku bersyukur atas bantuan yang disalurkan Lazismu. Selain Rahmat, ucapan rasa syukur  dan senang juga disampaikan Dede Sulaeman, seorang pengais botol bekas di Mataram. Dede mengaku terkejut saat amil Lazismu memberikan sembako itu.
"Terima kasih masih ada orang yang memperhatikan nasib saya," katanya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Wirya juga menjelaskan bahwa Lazismu secara nasional telah menyiapkan program ketahanan pangan. Diman tujuan dari program ketahanan pangan ini adalah terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat baik individu atau keluarga agar dapat mengakses makanan pokok pada masa krisis yang diakibatkan Covid-19. Di Wilayah Nusa Tenggara Barat, program ketahanan pangan ini akan dilakukan secara bertahap dengan menggandeng para Donatur yang memiliki Visi yang sama dengan program Lazismu. Gerakan ini akan dimulai secara masif diwilayah NTB pada tanggal 22 April 2020 sampai dengan masuknya masa Hari raya Qurban.

"Bentuk kegiatannya berupa pembuatan lumbung pangan seperti pembagian paket sembako dan pembelian produk-produk binaan jaringan Muhammadiyah yang ada Kota Mataram sekitarnya untuk selanjutnya akan disalurkan kembali ke Masyarakat yang terdampak" ujarnya.

Wirya menjelaskan, sasaran penerima manfaat zakat dan sedekah meliputi lansia, penyandang disabilitas, dan kelompok rentan lainnya. Seperti para pekerja informal yang terpaksa berhenti bekerja, guru-guru honorer, guru mengaji yang berhenti mengajar, dan kelompok lainnya dalam kategori asnaf (mustahik).

Bukan hanya itu, menjelang Ramadhan ini Lazismu juga akan melakukan pendistribusian paket makanan pokok dalam program ketahanan pangan pada bulan April hingga Juni 2020.
“Pertama pembagian bahan makanan pokok menjelang Ramadhan, yang akan dilaksanakan  serentak pada 2 hari menjelang Ramadhan. Kedua, pembagian bahan makanan pokok menjelang Idul Fitri, yang akan dilaksanakan serentak selama 2-3 hari menjelang hari raya Idul Fitri," ungkapnya.

Manager Lazismu, Nisfu Rahayu, juga mengajak masyarakat dengan program persiapan ketahanan pangan khususnya dalam menghadapi bulan suci Ramadhan, dengan tetap berkativitas dan berpuasa Ramadhan dari rumah saja.

"untuk mendukung program-program diatas, Lazismu Nusa Tenggara Barat mengajak seluruh Masyarakat yang mempunyai kecukupan rizki atau penyaluran zakat mall nya yang sudah masuk masa nishab nya bisa menyalurkan Donasinya melalui rekening berikut " terang ayu.

Bank Syariah Mandiri , Nomor 7133206021 atas nama LAZISMU NTB
Lazismu juga menyediakan Layanan Jemput Donasi baik berupa barang maupun uang tunai melalui Call Center 0813-8567-8282.

(Red).

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar