News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pembangunan Pariwisata Berbasis Desa Jadi Arah Pembangunan Lombok Barat 2021

Pembangunan Pariwisata Berbasis Desa Jadi Arah Pembangunan Lombok Barat 2021

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah bersama seluruh anggota Forkompinda NTB , Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Menteri Bappenas Prof Dr Suharso Monoarfa mengikuti video conference Musrenbang provinsi NTB


GIRI MENANG, - Musrenbang virtual provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaksanakan Selasa (28/4). 10 Bupati/Walikota termasuk Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid mengikuti Musrenbang tersebut. Khusus Bupati Lombok Barat mengikuti Musrenbang secara video conference ini dari Aula Jayengrana, Kompleks Pemerintahan Kantor Bupati Lombok Barat, Giri Menang, Gerung. Saat itu Bupati didampingi para Asisten. Kepala Bappeda Lombok Barat Rusditah S.Sos.

bertindak selaku moderator. Gubernur NTB H Zulkieflimansyah bersama seluruh anggota Forkompinda NTB mengikuti seksama kegiatan tersebut. Bahkan Menteri Bappenas / Perencanaan Pembangunan Nasional Prof Dr Suharso Monoarfa dan Staf Khusus Menteri dalam Negeri turut hadir mengikuti video conference Musrenbang provinsi NTB ini.

Pada sesi laporan usulan dan saran Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid mendapat kesempatan awal untuk menyampaikan usulan dan pokok-pokok pikirannya. 

Bupati H Fauzan Khalid kepada Gubernur melaporkan, bahwa  tema pembangunan 2021 untuk Kabupaten Lombok Barat adalah pembangunan pariwisata berbasis desa dan pembenahan SPM yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

“Saya kira ini sangat nyambung dengan tema yang diangkat oleh Pemprov NTB dan juga dengan tema Musrenbang tingkat nasional,” demikian Bupati.

Sehubungan dengan usulan Pemprov NTB terkait tiga usulan besar yang berada di wilayah Lombok Barat seperti pelebaran ruas jalan Tanjung Karang - Kota Mataram - Kebon Ayu sampai dengan ke Lembar juga telah menjadi prioritas pembangunan di Lombok Barat.

Berikutnya terkait pasca Covid-19, pembangunan ekonomi atau meningkatkan pertumbuhan ekonomi menurut Bupati, hal ini juga sangat strategis. Jalan di pinggir pantai dari Kota Mataram langsung tembus ke Lembar nantinya akan menumbuhkan simpul-simpul usaha baru terutama di bidang kuliner dan perikanan.

Selain itu menyinggung  sistem pelayanan air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Gerung, Lembar dan Sekotong dengan cara memblok air Sungai Dodokan agar tidak sia-sia sampai dengan ke laut akan sangat berdampak positif ke depannya.

Bupati beralasan, saat terjadi musim panas air Sungai Dodokan yang terbuang percuma ke laut yaitu 200 liter per detik akan bisa bisa mengatasi kekurangan air bagi warga di Gerung, Lembar termasuk di Kecamatan Sekotong.  
Stresing menarik lainnya yang menjadi titik tekan Bupati yakni pengembangan desa wisata. 

Menurutnya, di Lombok Barat terdapat enam desa yang menjadi prioritas utama sebagai desa wisata.
Enam desa dimaksud yakni, Desa Bengkaung Kecamatan Gunungsari dengan potensi agrowisata lebah, atau lebih dikenal dengan pengembangan madu trigona. Bupati menilai pasar madu trigona ini sangat luar biasa. Sebelumnya pernah dicoba untuk memberikan para tenaga kesehatan dengan membeli madu ini.

Selanjutnya, Desa Gelangsar masih di Kecamatan Gunungsari dengan agrowisata buah yang mengandalkan keindahan alam termasuk saat menuju lokasi ini. Desa Karang Bayan dan Batu Mekar di Kecamatan Lingsar. Kedua desa ini merupakan desa juga masuk dalam katagori destinasi wisata buah. Termasuk bagaimana mendorong agar hasil perkebunan ini tidak langsung dijual tapi ada produk olahan lanjutan sehingga menambah added value-nya secara ekonomi untuk masyarakat.

Selanjutnya, kawasan Desa Sesaot, Pakuan dan Buwun Sejati, yang lebih populer dengan sebutan Desa Sekawan Sejati. Tiga desa ini masuk ke dalam wisata Sunstainable, Tourism Observatorium (STO) dan sudah di SK-kan oleh Menteri Pariwisata dan bahkan masuk didaftarkan di PBB menjadi STO.

“Kemarin kita mendapat juara satu dalam kategori pariwisata berkelanjutan di bidang lingkungan untuk tingkat nasional. Karena itu kedepannya membutuhkan sentuhan lebih terutama dorongan dari pemerintah daerah termasuk pemerintah Provinsi,” ungkap Fauzan

Selanjutnya, tambah Bupati yakni Kawasan Desa Mareje Timur Kecamatan Lembar. Desa ini juga masuk  agrowisata buah. “Mungkin banyak yang bertanya, di sana kan panas, kok bisa "tema" buah?. Tapi kami sudah membuktikan, desa ini juga kemarin menjadi lokasi yang kami tawarkan ke Universitas Mataram (Unram) sebagai salah satu alternatif lokasi kampus 2. Karena memang luar biasa luasnya. Sawah-sawahnya pun banyak yang membentuk terasering (bertingkat, red). Ini  terlihat sangat indah dan dari sana bisa menyaksikan Pelabuhan Lembar dan Kota Mataram. Tapi ini sementara belum menjadi pilihan utama Unram. Jika pak gubernur ke sana, mungkin bapak lebih tertarik ditempatkan di sana dan bisa mendorong pihak Unram untuk membangun di desa ini,” ajak Bupati.

Desa wisata terakhir yakni kawasan Desa Batu Putih Sekotong. Di lokasi ini dikenal wisata bahari dan minat khusus. Minat khusus dimaksud yakni  surfing dan menyelam. Pemda sudah mulai memberikan sentuhan-sentuhan dan dorongan-dorongan atau supporting dari Pemprov NTB sangat diharapkan.

Bupati juga menyebut aka nada disuse-diskusi yang lebih intens dengan Bappeda NTB, Bappeda kabupaten/kota lainnya  terkait garapan-garapan bidang lainnya terutama untuk mengisi kisi-kisi atau menu-menu yang ditawarkan oleh provinsi NTB.

“Dan saya sangat berharap semua program itu nyambung. Kami mengistilahkannya di Lombok Barat itu pembangunan, penganggaran itu baru mempunyai output yang baik itu harus memenuhi tiga syarat. Yakni programnya terintegrasi, antar OPD bersinergi dan kemudian juga saling melengkapi. Sehingga nanti jika provinsi sudah menetapkan program, nanti kami yang melengkapi, kami yang awasi dan kami yang bina dan melanjutkan sehingga tidak putus dan terus berkelanjutan,” tutup Bupati.(gl )



Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar