Komitmen Gubernur Bangun UKM dan Produk Lokal Dapat Perhatian Netizen



Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah


Mataram- Komitmen Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah untuk membangun Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Produk Lokal NTB tidak hanya mendapat perhatian langsung masyarakat. Tetapi, langkah Gubernur menggeliatkan ekonomi masyarakat di tengah musibah Covid-19 menjadi perbincangan menarik di media sosial, seperti Twitter, Facebook dan Instagram. Hal ini terungkap dalam laporan Analitik Media Sosial dan Online Provinsi NTB, periode 18 s/d 24 April 2020.

Dalam laporan itu,  terdapat top 5 trending topik “NTB” di media sosial Twitter yang behasil dihimpun. Pada periode 18 April 2020 sampai dengan 24 April 2020 itu, top 5 trending topik yang menarik perhatian para netizen dimulai dengan ajakan Gubernur kepada Pemda di NTB untuk memperkuat peran UKM dan Pengusaha lokal. Khusunya di tengah krisis ini yang ternyata merangsang pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk dapat menghasilkan produk-produk yang membantu penyelesaian penyebaran covid-19 di NTB.

Topik berikutnya bertambahnya kasus-kasus baru Covid-19 di NTB (25). Topik ini berkaitan dengan bertambahnya jumlah penderita positif Covid-19 di NTB khususnya Kota Mataram.

Selain itu, tumbuhnya insiatif masyarakat untuk berbagi kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 (23) juga menjadi bagian yang menarik diperbincangkan para netizen. Mereka menyatakan berbagi tidak hanya kepada keluarga penderita, namun juga kepada masyarakat yang terimbas dari sisi ekonomi.

Berikutnya atau yang menjadi urutan ke lima top 5 trending topik NTB di twitter video lama bocah NTB yang bertanya kepada Presiden Soeharto. Topik ini mendapatkan respon positif dari netizen seperti pada akun @XploreINA “Ini kalau gak salah di Lombok Barat ya, habis panen raya padi.”ujarnya.

Tidak hanya di Twitter, perbincangan tentang penguatan UKM NTB menjadi salah satu topik menarik yang diperbincangkan pada periode tersebut. Selain itu, rencana Dinas Pendidikan Kota Mataram untuk memperpanjang masa belajar di rumah sampai dengan 1 Juni 2020 mendapat respon positif para netizen. Rencana ini mendapatkan perhatian dari netizen seperti postingan akun Iriantono.

 “Itu lebih baik daripada anak anak masuk sekolah berisiko kena wabah ini,jumlah positif terus meningkat tentunya kita harus lebih waspada dan hati hati”, katanya.

Trending berikutnya adalah berhasilnya Pemprov NTB untuk mengidentifikasi cluster-cluster penyebaran Covid-19 di NTB yaitu, sebanyak 1.522 perbincangan.

Pernyataan ini mendapatkan respon positif seperti akun Bambang Ir “sepakat Pak Gub. Sekarang yang dipikirkan dampak sosial ekonomi dan cara penanganannya yang tepat," ujarnya.

Trending berikutnya adalah APD karya siswa-siswi SMKN 4
Mataram yang diterima oleh Gubernur NTB sebagai bentuk donasi untuk tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19, yaitu sebanyak 1.297 obrolan. Hal ini mendapat respon positif dari netizen seperti akun Suryani.

“Semoga anak SMK tetap yg terbaik dan memberi kan sukses buat kalian Amin yarabal alamin Allah humma Amin”, katanya.

Selanjutnya adalah penutupan bandara mulai 24 April – 1 Juni 2020, yaitu sebanyak 1.035 respon. Hal ini dilakukan berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan RI.

Di Instagram, selain tentang UKM, pada periode 18 – 24 April 2020, top 5 trending topik NTB di media sosial instagram banyak membicarakan tentang diberlakukannya Pemenhub tentang pengedalian transportasi selama mudik lebaran 2020 sebanyak 12.421 tanggapan.

Pada Permenhub tersebut ditetapkan bahwa bandara, pelabuhan ditutup mulai hari Jum’at 24 April 2020 sampai dengan 1 Juni 2020. Topik berikutnya adalah tertahannya 75 warga NTT di pelabuhan Lembar NTB sebanyak 5.978 tanggapan. Banyak dari warganet yang mengapresiasi langkah Pemprov NTB untuk menampung warga NTT
tersebut seperti akun @adhii_1933 “Mantap min, terharu aku liat kita saling tolong menolong ”, ujarnya.

Topik berikutnya adalah APD karya siswa SMKN 4 Mataram yang
diterima oleh Gubernur NTB dan selanjutnya akan didistribusikan kepada tenaga medis di NTB, sebanyak 5.792 respon. Topik ini mendapatkan respon positif dari netizen seperti akun
@selaq_marong “Hazmat nya udah di tes kah?? Apa pun itu, keren smkn 4 mataram, bangga ”, komentarnya.

Selanjutnya adalah topik tentang Gubernur NTB yang mengapresiasi karya siswa SMKN 2 Gerung yang menciptakan cold storage dengan memesan 20 unit dengan jumlah 4.709 perbincangan. Karya siswa SMKN Gerung ini menurut Gubernur NTB bisa menjadi solusi dampak serius Covid-19 terhadap para nelayan.

Selanjutnya adalah topik terkait fasilitas belanja online dan drive thru yang diadakan oleh Dinas Perdagangan NTB (3.026). Program ini mendapatkan dukungan dari netizen seperti akun @gazali9387 “Program yg bagus”. Namun ada juga beberapa pertanyaan yang diajukan oleh netizen seperti akun @lalu_zhfran “Apakah berlaku di wilayah lombok Timur?”.(gl 02).



Belum ada Komentar untuk "Komitmen Gubernur Bangun UKM dan Produk Lokal Dapat Perhatian Netizen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel