News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tumbuhkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Melalui Wasbang dan Bela Negara

Tumbuhkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Melalui Wasbang dan Bela Negara


Danramil 1607-04/Alas Kapten Inf Armansyah dan Babinsa Semamung Koramil 1607-08/Moyo Hulu Koptu Anton H. Hari ini, Danramil Alas bertindak sebagai inspektur Upacara di SMPN 1 Alas dan Babinsa Semamung selaku Irup di SMPN 1 Moyo Hulu

SUMBAWA , Sebagai upaya pembinaan calon generasi penerus bangsa terus dilakukan terutama kepada siswa-siswi SMP di Kabupaten Sumbawa seperti yang dilakukan Danramil 1607-04/Alas Kapten Inf Armansyah dan Babinsa Semamung Koramil 1607-08/Moyo Hulu Koptu Anton H. Hari ini, Danramil Alas bertindak sebagai inspektur Upacara di SMPN 1 Alas dan Babinsa Semamung selaku Irup di SMPN 1 Moyo Hulu, Senin (20/1).

Danramil Alas dalam amanatnya menyampaikan sebagai siswa-siswi generasi penerus bangsa, adik-adik harus memiliki dan mengetahui tentang sejarah bangsa sebagai salah satu cara menanamkan rasa cinta tanah air, rasa nasionalisme, bela negara serta wawasan kebangsaan agar dapat memahami konsep berbangsa dan bernegara serta empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, dan bela negara yang didalamnya terdapat Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Terpisah, Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., disela-sela kesibukannya mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah kongkrit satuannya untuk sejak dini menumbuhkan  kesadaran berbangsa dan berngeara, membangkitkan jiwa nasionalisme dan patriotisme anak bangsa sehingga mereka memiliki kepedulian, kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsanya sendiri.

Dalam hal bela negara, lanjut Dandim, setiap diri anak bangsa memiliki hak dan kewajiban dalam bela negara. “Ketentuan ini diatur dalam Pasal 27 ayat (3) yang mengatakan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya Pembelaan Negara dan Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara,” terang Dandim.

Untuk itu, dari sedini adik-adik siswa harus diberikan pembekalan dan pembinaan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan sekolah maupun pergaulannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dengan harapan akan lahir generasi penerus yang berkarakter.(gl 02)




Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar