Perpanjangan STNK Tidak Perlu Ke Samsat Gerung, Sekarang Ada Dinarmada

Syaiful Amri Launching Samsat di Drive Thru Narmada



Lombok Barat, globallombok.co.id - Mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kini pelayanannya semakin dekat khususnya di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.  Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) atau Kantor Samsat Gerung , Lombok Barat (Lobar) meluncurkan program peningkatan pelayanan untuk pembuatan dan penggantian STNK lima tahunan dengan bekerja sama dengan Kepolisian, Jasa Raharja, serta Pemerintah Kecamatan Narmada serta Kepala Desa se-Kecamatan Narmada dan Lingsar.


“Adapun tujuan program peningkatan pelayanan ini untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Saya sering datang ke sini, masyarakat banyak yang mau untuk membayar pajaknya. Namun jarak perjalanan yang jauh, mereka malas datang,” kata Kepala Samsat Gerung, Syaiful Amri, Senin (11/11).



Menurut Syaiful, banyak masyarakat yang mengeluhkan kantor pelayanan Samsat yang terlalu jauh. Ini membuat sebagian masyarakat enggan membayar pajak kendaraan. Sehingga pendapatan dari pajak kendaraan kurang maksimal. Padahal potensi Kecamatan Narmada cukup besar. Buktinya, dari 10 kecamatan di Lombok Barat, Kecamatan Narmada tertinggi objek tunggakannya.


Dengan adanya peningkatan pelayanan dari pengesahan tahunan kemudian ditingkatkan menjadi pelayanan lima tahunan, Samsat di Drive Thru Narmada ini diharapkan masyarakat bisa lebih mudah membayar pajak kendaraan. “Pelayanan Samsat ini sebelumnya hanya melayani pembayaran PKB dan pengesahan STNK. Sekarang bisa pengesahan STNK untuk lima tahun,” jelas Amry.


Berdasarkan data yang dimiliki Bappeda Provinsi NTB, untuk Kecamatan Narmada saja jumlah kendaraan roda empat tercatat sebanyak 2.953 atau 25,13 persen. Sedangkan kendaraan roda dua sebanyak 35.044 atau 45 persen.


Kemudian tunggakan  tahun berjalan dari Januari-November 2019, untuk roda empat sebanyak 199 unit dengan nilai Rp 195 juta. Selanjutnya roda dua 2.372 unit atau diuangkan  senilai Rp 83 juta.


Tidak hanya itu, Amry juga berharap kedepan pelayanan juga bisa dilakukan di masing-masing desa. Sehingga semakin mempermudah dan memuaskan masyarakat.


Plh. Kepala Bappeda Provinsi NTB, Hj. Eva Dwiyani bangga dengan inovasi yang dilakukan Samsat Gerung yang telah membuka layanan pencetakan STNK untuk lima tahunan. “Terima kasih. Semoga ke depan tidak lagi menjadi layanan tahunan, tetapi menjadi kantor Samsat pembantu,” cetusnya.


 Oleh karena itu ia minta kepada pihak Kecamatan dan para Kades baik di Kecamatan Lingsar dan Narmada untuk ikut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelayanan tersebut. Ia menyebut potensi di Kecamatan Narmada dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Dengan adanya peningkatan layanan dari pelayanan tahunan menjadi lima tahunan, diharapkan dapat diikuti oleh Samsat lain di NTB.


Wadirlantas Polda NTB, Ismail juga menyampaikan apresiasi. “Dengan demikian saya berharap Drive Thru Narmada menjadi cikal bakal Samsat pembantu. Tidak hanya pelayanan penggantian STNK, tetapi termasuk pelayanan cek fisik kendaraan,” terangnya.


Ia juga mengingatkan petugas pelayanan supaya melayani dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan meminta petugas jangan sampai ada pungutan liar (pungli) di masyarakat. (gl 02)

Belum ada Komentar untuk "Perpanjangan STNK Tidak Perlu Ke Samsat Gerung, Sekarang Ada Dinarmada"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel