News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

HUT Lobar Ke 63,Touring Yang Dirangkai Dengan Penanaman 10 Ribu Pohon

HUT Lobar Ke 63,Touring Yang Dirangkai Dengan Penanaman 10 Ribu Pohon

 

Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid bersama Wakil Bupati Lobar Hj. Sumiatun dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lobar dan  klub motor serta komunitas Bikers melakukan touring untuk mengeksplorasi keindahan alam Lobar khususnya Kawasan Sekotong.


LOMBOK BARAT , - Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid bersama Wakil Bupati Lobar Hj. Sumiatun dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lobar dan  klub motor serta komunitas Bikers melakukan touring untuk mengeksplorasi keindahan alam Lobar khususnya Kawasan Sekotong. Touring yang dirangkai dengan penanaman 10 ribu pohon itu merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Lobar ke 63 yang mengambil tema ulang tahun Lobar tahun ini adalah kolaboratif dan inovatif, tentu dalam hal ini pembangunan pada Pemerintah Daerah (Pemda) Lobar ingin melibatkan partisipasi peran serta masyarakat serta stakeholder, untuk terus bersama sama membangun perekonomian masyarakat Kabupaten Lobar melalui kolaborasi dan inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh masyarakat salah satunya komunitas Bikers ini.


Dalam Sambutannya Bupati Lobar H.Fauzan Khalid mengatakan, kegiatan touring sekaligus penanaman pohon ini dalam rangka peringatan HUT Lobar ke 63 yang diikuti oleh ratusan peserta dari jajaran Forkopimda, OPD, kadin, klub motor dan para biker. Touring ini istimewa karena Wabup, Kapolres, Dandim dan ketua DPRD Lobar naik motor dengan menempuh jarak sekitar 40-50 kilometer.


“Ini kebanggaan kita, dan kita menanam 10 ribu Pohon bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Kegiatan ini dalam rangka peringatan HUT Lobar ke 63,”jelas Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Minggu (11/4/2021).


Meskipun diikuti ratusan orang, namun touring ini tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Dimana Ratusan peserta dilepas dari Bencingah Agung, Kantor Bupati Lobar secara bertahap. Kemudian menempuh jarak 40 kilometer hingga Jalur Selatan Bukit Mekaki.


Meskipun menempuh jarak begitu jauh, namun dengan melihat keindahan alam Mekaki semua rasa lelah dan letih seketika hilang. Begitu tiba di kawasan Mekaki, tampak keindahan jalan membelah bukit dengan pemandangan alam pantai dan perbukitan di sebelah kiri dan kanan sepanjang jalan hotmik tersebut. Para peserta yang tak mau menyia-nyiakan kesempatan mengabadikan dengan mengambil gambar dan Selfi di sepanjang jalur kawasan itu.


“Pemandangan begitu luar biasa dengan melihat sekeliling bukin dan lautan luas,” ujar Bupati.


Touring ini untuk mengeksplor keindahan Lobar khususnya kawasan Mekaki. Diharapkan dengan ratusan peserta ini bisa menceritakan melalui media sosial masing-masing.


Keindahan jalur selatan menuju Kek Mandalika baru pertama kali dilihat Bupati, “ini begitu takjub dengan keindahan alam pantainya yang masih alami. Untuk penanaman pohon kali ini, masing-masing peserta menanam lima Pohon. Dengan jumlah peserta sekitar 300 orang, peserta melakukan penanaman sudah dibagi per kelompok untuk menghindari kerumunan,” Tambahnya.


Titik penanaman dibagi menjadi beberapa titik di lokasi rest area dan lokasi utama di puncak bukit Mekaki.


“Penanaman pohon ini kerjasama antara Pemda Lobar, DLHK provinsi dan Kadin. Kurang lebih sekitar 10 ribu pohon yang ditanam. Bupati berpesan kepada warga sekitar, setelah pohon ditanam agar dijaga supaya bisa tumbuh dengan baik. Karena kita tanam bersama, maka mari kita jaga bersama, dan kedepannya di wilayah Mekaki ini akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Hotel oleh Wings Group,” tutupnya.


Di tempat yang sama Komandan Kodim (Dandim) 1606/Lobar, Kolonel Arm Gunawan, mengatakan Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Lobar ke 63 Tahun, ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Lobar terhadap upaya pelestarian alam.


“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh masyarakat dapat menyadari betapa pentingnya menjaga pelestarian alam karena alam dan kehidupan memiliki hubungan yang sangat erat. Serta ikut berpartisipasi dalam perlindungan dan pengelolaannya,” tegasnya.


Penanaman pohon yang dilaksanakan ini  perlu kita apresiasi bersama, ini dapat menggugah kepedulian berbagai pihak akan pentingnya keberadaan pohon serta pemeliharaan yang berkelanjutan untuk pelestarian lingkungan,” tutup Dandim.(gl 02)

Tags

Global Lombok

Yuk Daftar Sebagai Pelanggan Setia Media globallombok.co.id Dapatkan Door Prize Nginep Di Hotel Yang ada Di lombok.

Posting Komentar